Dansatgas: Ada Satu Unit Jembatan Diluar Program TMMD

MEDIABERANTASKRIMINAL.COM, ACEH TAMIANG | TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 yang dilaksanakan Kodim 0117/Aceh Tamiang, berpusat di Dusun Sejahtera Kampung Seumadam Kecamatan Kejuruhan Muda dan Kampung Rimba Sawang Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang. Sesuai dengan tema diusung, TMMD Pengabdian Untuk Negeri, akan menuai prestasi dari satu unit jembatan yang berada diluar program, namun harus ikut direhab, sehingga menjadi sebuah pengabdian dan kenangan buat masyarakat pengguna akses. Hal itu terpantau dalam perjalanan panjang menelusuri bagian dalam perkampungan pada Sabtu (11/07/2020).

Kordinator TMMD yang juga menjabat Pasiter Kodim 0117/Aceh Tamiang Lettu.Inf. Faisal Hadi, saat berada di lokasi kegiatan mengatakan, program fisik yang dilakukan yaitu, pengerasan jalan sepanjang 3.100 meter dengan lebar 6 meter, stabilisasi lereng bukit sepanjang 41 meter dan tingginya 7 meter, pembangunan gorong-gorong sebanyak 4 unit, perawatan jembatan sebanyak 3 unit, sebanyak 2 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta pengecatan masjid sebanyak 2 unit,”ungkapnya penuh semangat, walaupun wajah lelahnya tak mampu disembunyikan.

“Kegiatan lainnya yaitu, sosialisasi tentang Keluarga Bencana (KB) kesehatan, wawasan kebangsaan, penyuluhan bahaya penggunaan Narkoba, serta berbagi pengetahuan tentang pertanian,”jelasnya, sembari mempersilahkan para wartawan untuk terus melakukan liputan.

Masih dilokasi TMMD, Said Rajali Datok Penghulu (Kepala Desa) Kampung Rimba Sawang, sehubungan dengan jembatan mengatakan, lantainya pada saat banjir akan digenangi air setinggi dua meter, makanya banyak bagian kayunya yang rusak. Kami sangat bersyukur, pihak TNI mau melakukan perehapan, karena sudah banyak korban jatuh di jembatan ini, termasuk juga saya,”ungkapnya penuh rasa haru dan gembira.

“Pemerintah harus punya perhatian, kedepan lantainya sudah wajib dicor semen, karena daya tahan kayu hanya sementara. Jangan biarkan ada korban yang jatuh, kalau hari ini TNI sudah berbuat, maka kita juga harus menjaga dan merawatnya, semoga lantai kayu dapat segera berubah jadi semen,”harap Datok.

Sementara itu disela-sela kesibukannya, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas), sekaligus Komandan Kodim (Dandim) 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf. Deki Rayusyah Putra, S. Sos. M.I. Pol, terkait rehab satu unit jembatan diluar program TMMD mengatakan,
hal itu termasuk kerja tambahan, agar mobil pembawa material gampang lewat, maka telah dibuat lantai dari batang kelapa. Namun nantinya akan dilakukan penyempurnaan lebih lanjut,”jelasnya dengan bahasa yang cukup tegas pada Minggu (12/07/2020).

“Saya akan mengupayakan untuk mengganti lantainya dengan kayu yang kuat dan untuk pekerjaan jembatan ini, tidak ada penambahan anggaran, hanya kerja tulus serta ikhlas dari Satuan Tugas (Satgas) TMMD untuk masyarakat,”ungkap Perwira berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) tersebut.

Reporter: Amnurdani
Media Berantas Kriminal

19 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *