Debat Publik Perdana Pilkada Medan Disiarkan Langsung di Stasiun Televisi iNews

Medan, Sumut (mediaberantaskriminal.com) – Komisi  Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat publik perdana Pilkada Medan, Sabtu (07/11/2020). Debat disiarkan secara nasional di stasiun televisi iNews mulai pukul 14.00-16.00 Wib. Plh Ketua KPU Medan Zefrizal mengatakan, ada enam segmen dalam debat perdana yang mengangkat tema kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah.

Segmen pertama dimulai dari pembukaan, penyampaian visi misi masing-masing paslon, lalu debat hingga pada penutup.

“Selain tema utama ada tema khusus debat tentang penanganan dan penanggulangan Covid-19 serta narkotika,” ujar Plh Ketua KPU Medan, Zefrizal.

Sejumlah pertanyaan untuk materi debat ini juga telah disusun lima panelis dari kalangan akademisi dan profesional. Kelimanya yakni Dekan Fakultas Ushuludin dan Studi Islam UIN Sumut Prof Katimin, Dekan FKM USU Prof Ida Yustina, Wakil Rektor III UMSU DR Rudianto, akademisi USU DR Hatta Ridho dan Wakil Dekan III Fisip USU DR Hendra Harahap.

Debat Pertama Pilkada Medan Bahas Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

Dalam debat kandidat perdana ini, KPU Medan akan mengambil tema peningkatan kesejahteraan masyarakat. Komisioner KPU Medan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Edy Suhartono mengatakan KPU Medan sudah menyiapkan sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan tema debat kandidat. Untuk menyiapkan pertanyaan, KPU Medan sudah menyiapkan lima orang panelis dari perguruan tinggi di Kota Medan seperti Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU).

“Tidak ada kisi-kisi untuk pasangan calon, jadi on the spot semua,” ucap Komisioner KPU Medan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Edy Suhartono.

KPU juga mengimbau kepada dua paslon untuk tidak membawa massa dalam pelaksanaan debat kandidat untuk menghindari terjadinya kerumunan. “Debat ini kan disiarkan di televisi nasional dan live juga di media sosial KPU. Pembatasan ini agar protokol kesehatan dapat dijalankan,” katanya.

Seperti diketahui ada dua pasangan calon di Pilkada Medan. Pasangan Nomor Urut 1 Akhyar Nasution – Salman Alfarisi (AMAN). Sedangkan pasangan Nomor Urut 2 Bobby Nasution – Aulia Rachman. Debat ini disiarkan secara nasional di stasiun televisi iNews.

Sesuai agenda debat dimulai pukul 14.00-16.00 Wib dengan menghadirkan kedua pasangan calon yakni nomor urut 1 Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan nomor urut 2 Bobby Nasution-Aulia Rachman.

putaran perdana debat ini sesuai harapan, berjalan baik. Semua persiapan juga sudah matang, kami siapkan sebelumnya,” ujar Ketua Plh KPU Medan Zefrizal. (Herry SD)

85 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *