5 Juli 2022

Dekranasda Batu Bara Bangga Perkenalkan Produk Fashion Wastra di Ajang Sumut Fashion Week 2022

Batu Bara – Media Berantas Kriminal | Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Batu Bara mengikuti ajang peragaan busana Sumut Fashion Week 2022 di Centre Point Mall Medan, Jumat (10/06/2022).

Ajang fashion tersebut gebrakan dari Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Sumut berkolaborasi dengan Dekranasda Provinsi Sumatera Utara yang berlangsung pada 7-12 Juni 2022. Para perancang busana yang berasal dari berbagai daerah ikut meramaikan ajang fashion ini, termasuk dari Kabupeten Batu Bara.

Ketua Dekranasda Batu Bara, Ny. Maya Indriasari Zahir, sebagai model berhasil memukau pengunjung. Ny. Maya Zahir menampilkan karya busana desainer lokal Batu Bara, Rissa Putri, dengan bahan dasar wastra khas Batu Bara. Ada 6 wastra yang ditampilkan, yakni 5 diantaranya berbahan songket (mix) dan 1 berbahan batik.

Sebagai salah seorang desainer asal Batu Bara yang bisa tampil di ajang Sumut Fashion Week 2022, Rissa mengaku bangga.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Dekranasda Batu Bara, Bapak dan Ibu Bupati, yang telah mempercayakan saya untuk membawakan wastra kita di ajang Sumut Fashion Week. Saya bangga bisa mengikuti event ini dan berharap kita bisa menaikkan wastra Batu Bara di provinsi maupun kancah nasional,” ungkap Rissa.

Hal senada juga dikatakan Ketua Dekranasda Batu Bara, Ny. Maya Zahir, bahwa Ia merasa bangga telah mempromosikan wastra Batu Bara di ajang fashion tersebut.

“Alhamdulillah hari ini saya dapat tampil memperagakan dan membantu desainer Batu Bara. Tentunya sangat senang dan bangga sekali ikut mempromosikan busana hasil karya anak daerah sendiri,” ujar Ny. Maya.

Ny. Maya Zahir menambahkan melalui ajang bergengsi tersebut, kain tradisional khas Batu Bara dapat dikenal hingga mancanegara.

“Ajang fashion seperti inilah salah satu ajang promosi kita untuk memperkenalkan wastra Batu Bara agar terkenal di luar daerah, seluruh indonesia dan mancanegara,” tambah Ny. Maya.

Tampilnya hasil rancangan desainer daerah Batu Bara di ajang fashion tingkat provinsi bertujuan untuk dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Hal ini membuktikan masyarakat Batu Bara, masyarakat yang produktif, inovatif dan berbudaya.

Reporter : Boby Pratama Sinaga
Editor : Hengky