Desa Sidorejo, Bangun Gedung Balai Desa dan Jalan Usaha Tani Untuk Kemajuan dan Kesejahteraan Masyarakat

Lampung Timur | mediaberantaskriminal.com – Dengan bentang wilayah yang sangat luas, dan memiliki potensi besar di berbagai sektor terutama di sektor pertanian, Desa Sidorejo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) melaksanakan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) yang anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yakni Program Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020 untuk membangun jalan usaha tani yang panjangnya hampir mencapai 1kilo meter dengan lebar 8 meter di dusun 5, 7 dan dusun 8.

Diharapkan, dengan dibangunnya badan jalan untuk usaha tani itu dapat membantu dan memperlancar aktivitas masyarakat petani yang mengakses usaha pertaniannya serta dapat menekan biaya angkut yang ditimbulkan saat memanen hasil pertaniannya, sehingga kesejahteraan para masyarakat petani dapat ditingkatkan.

Desa Sidorejo sendiri, merupakan salah satu desa yang maju di bidang perekonomian, hal ini dapat terlihat dari berbagai bidang usaha yang menjadi sumber penghasilan warga desa setempat. Untuk perdagangan misalnya, Sidorejo sendiri telah sejak lama memiliki pasar tradisional yang menjadi tempat usaha sebagian warga masyarakat serta menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Desa (PAD) Desa Sidorejo.

Pujiono Kepala Desa setempat memaparkan, “Pemerintah Desa Sidorejo, akan senantiasa melakukan upaya yang terbaik, baik dari sisi pelayanan bagi masyarakat desa, maupun pembangunan yang mengarah kepada kepentingan dasar masyarakat desa. Walaupun saat ini, kita semua masih dilanda Pandemi Covid-19 namun pembangunan harus tetap terlaksana. Memang penyelesaiannya tidak seperti apa yang kita harapkan, karena terbatasnya anggaran yang dialokasikan sebagian untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), serta pengalokasian untuk mengantisipasi wabah Covid-19, seperti pendirian posko Covid-19, penyemprot disenfektan, serta pengadaan barang untuk rumah isolasi dan lain sebagainya, jadi pembangunan harus bertahap dan dilanjutkan tahun anggaran berikutnya”, papar Pujiono pada Wartawan Media Online mediaberantaskriminal.com.

Lebih lanjut Kepala Desa Sidorejo, Pujiono menyampaikan, “Kami berharap masa-masa Pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir, agar kami pemerintah desa dapat kembali fokus melakukan pembangunan. Dan harapan kami selanjutnya, agar program Dana Desa ini dapat terus berjalan, karena adanya program ini sudah banyak dirasakan oleh masyarakat tentang pemanfaatannya dibidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” pungkasnya. (Rj Nity)

 

36 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *