Jelang Pendataan Keluarga 2021, Disdalduk KB Tapsel Adakan Sosialisasi Kepada Kader

Tapsel | mediaberantaskriminal.com – Dinas Pengendalian Penduduk (Disdalduk) Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), melakukan sosialisasi pendataan keluarga 2021 bagi Pembina Kader Pendata yakni PPKBD dan Sub PPKBD di Aula Kantor KB Kecamatan Sayurmatinggi, Selasa (09/03/2021).

Kepala Dinas Dalduk dan KB Tapsel, Ibrahim Lubis melalui Sekretaris, Hamonangan Siregar, S.Sos, MM mengatakan, sosialisasi yang diikuti kader-kader kecamatan bertujuan untuk memberikan pelatihan teknis mengenai pendataan dan meningkatkan ketangguhan peserta untuk mengolah data kependudukan tahun 2021

“Mereka dilatih agar bisa mengiput data di desa-desa melalui aplikasi yang sudah kami sediakan,” katanya.

Dikatakan Hamonangan, pendataan Keluarga merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia. Hal ini sesuai dengan Undang-undang No 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

Kemudian diperkuat dengan Peraturan Pemerintah No 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga.

“Peraturan tersebut mengamanatkan bahwa dalam rangka mendukung penyelenggaraan perkembangan Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK),” ucap Hamonangan.

Dikatakannya, pendataan Keluarga tahun 2021 akan dimulai pada 01April Sampai 31 Mei tahun 2021. “Diharapkan kita dapat memperoleh data mikro yang valid yang tidak hanya bermanfaat bagi BKKBN tetapi juga pihak terkait yang membutuhkannya. Dalam pendataan ini nantinya kita juga akan mendeteksi keberadaan stunting,” pungkasnya.

Pendataan ini akan terdapat 3 (tiga) rumpun pendataan : Pertama, data kependudukan, Kedua, pendataan terkait dengan Keluarga Berencana, dan Ketiga, adalah pendataan tentang pembangunan keluarga yang memetakan mulai dari kesejahteraan keluarga baik sandang, pangan sampai tingkat pendidikan.

Turut hadir dalam acara Sosialisasi, Koordinator penyuluh KB Kecamatan Sayurmatinggi, Lina Rahmadani SKM, penyuluh KB, Sri Yustina, Masroma dan kader PPKBD dan Sub PPKBD.

Reporter: Parlaungan Hasibuan
Editor: Hermanto

 

59 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *