Kapolda Bali Apresiasi, “Lomba Desa Tangguh Dewata” Desa Umaanyar Juara I di Lingkungan Wilayah Polda Bali

Bali | mediaberantaskriminal.com – Sebulan yang lalu Januari 2021 Polda Bali menyelenggarakan lomba desa tangguh dewata yang diikuti seluruh Polres Buleleng yang ada di lingkungan Polda Bali. Saat perlombaan yang diselenggarakan Polda Bali, Polres Buleleng menyertakan dan melombakan 3 (tiga) desa salah satu diantaranya Desa Umaanyar.

Hasil penilaian yang dilakukan Polda Bali dinyatakan desa tangguh dewata yang ada di Desa Umaanyar memperoleh juara I dilingkungan wilayah Polda Bali. Dan hari ini Kamis (11/02/2021) Kapolda Bali Irjen Pol Drs. I Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si yang didampingi Karo SDM Polda Bali Kombes Pol Bony J. S. Sirait, S.I.K., M.H., Dirbinmas Polda Bali Kombes Pol Drs. Arum Priyono, Koorspripim Polda Bali AKBP I Dewa Gede Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K., dan Kapolres Buleleng
AKBP I Made Sinar Subawa, S.I.K.,M.H., mengunjungi desa tangguh wisata Umaanyar.

Kedatangan Kapolda Bali ke desa Umaanyar disambut langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, S.T., didampingi unsur Forkompinda Buleleng , Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel M.Pd, dan Kepala Desa Umaanyar Putu Edy Mulyana, S.E., bersama dengan masyarakat Desa Umaanyar.

Kapolda Bali menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan perbekel karena desa Umaanyar merupakan desa yang mandiri dalam rangka menjada kesehatan dan ketahanan pangan, ekonomi, dan keamanan mikro karena kekompakannya yang mampu menggerakan masyarakat secara sadar dan mandiri dalam situasi pandemic covid 19 untuk tetap menjaga kesehatan dan keamaman. Diharapkan juga agar nantinya desa-desa lain yang ada di Bali dapat mengikuti apa yang telah dilakukan desa Umaanyar untuk menjadi desa Tangguh Dewata.

Sebagai bentuk apresiasi Kapolda Bali terhadap desa tangguh dewata Umaanyar selanjutnya Kapolda Bali menyerahkan Reward kepada perbekel Desa Umaanyar berupa piagam dan bantuan dana, dilanjutkan dengan pelaksanakan kegiatan bakti sosial dengan menyerahan sembako kepada 10 orang warga masyarakat.

Kapolda Bali juga menyampaikan dalam situasi pandemic covid 19 agar masyarakat tetap mematuhi protocol kesehatan tetap menerapkan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun saat air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengajak masyarakat apabila memang tidak ada keperluan yang mendesak tetap tinggal dirumah untuk mengurangi mobilitas masyarakat melakukan interaksi-interaksi lain untuk mencegahmewabahnya covid 19,” cetusnya.

“ Dalam tingkat nasional dinamakan Desa Tangguh dan karena ini ada di Bali maka ditambahkan dengan Desa Tangguh Dewata yang merupakan ketangguhan menjaga/menciptakan kesehatan bersama dan ada juga ketangguhan masyarakat lainnya terutama disektor ekonomi dengan menggerakkan potensi masyarakat yang digerakkan atau ditingkatkan untuk memajukan ekonomi secara mikro. Desa Tangguh Dewata di Bali seharusnya lebih baik karena di Bali ini sangat “ Ajeg “ yaitu sudah ada desa adat dan betapa hebatnya desa adat dengan kerukunan , kekompakan, saling gotong royong yang sudah ada sejak dulu, sehingga kalua desa tangguh dewata bagus semua akan bangkit terutama dibidang ekonomir sehingga Bali kembali cepat pulih dari perekonomian,“ imbuhnya.

Reporter: Kadek Budirawan
Editor: Hermanto

 

 

 

27 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *