Ketua FPII Korwil Kuansing Soroti BPN Kuansing Soal Penerbitan Sertifikat Ganda

Kuansing, Riau (mediaberantaskriminal.com) – Badan pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten kuantan Singingi  telah mengeluarkan sertifikat atas nama H.Ali Amran  pada tahun 2005 di Desa Seberang Cengar Kecamatan Kuantan mudik.

Pada tahun 2011 Sertipikat  tersebut atas nama H.Ali Amran di balik namakan atas nama Selpi Keswita berdasarkan akta jual beli (AJB)  tanggal 05 Oktober 2011.

Tujuh tahun kemudian tepatnya tahun 2018 terjadilah pengeluaran sertifikat yang baru ditempat yang sama  melalui progaram PTSL, maka terjadilah tumpang tindih surat di tanah yang sama.

Setelah di telusuri kelapangan oleh Ketua FPII Korwil Kuansing dan beberapa media yang tergabung dalam Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Kabupaten Kuantan Sengingi, ternyata memang benar ada keanehan dilapangan yang diduga adanya kesalahan dari  Badan Pertanahan Nasional kabupaten kunsing.

Kenyataan dilapangan bahwa ternyata telah ada warga yang telah menerima sertifikat dari BPN ditanah yang bersengketa atas nama Tomi oktimal sampai sekarang SKT/ SKGR masih ditangan Tomi Oktimal.

Sedangkan syarat untuk pengambilan sertifikat harus diberikan SKT /SKGR aslinya kepada pihak BPN, yang jadi pertanyaan kok mengapa sampai sekarang tidak di ambil oleh pihak dari BPN.

“sertifikat lahan tersebut telah lebih dulu dikeluarkan pada tahun 2005, atas nama H. Ali Amran dan di balik namakan pada tahun 2011 atas nama Selpi Keswita, tapi kok aneh selang tujuh tahun kemudian keluar lagi sertifikat atas nama orang lain di lahan yang sama,” ujar Rusman Ketua FPII Kuansing.

Lanjut Usman ” bagaimana cara BPN mengeluarkn sertifikat, kenapa bisa terjadi hal seperti itu, jadi banyak timbul dugaan, seperti adanya kelalaian dari pihak BPN,”

“kalau seperti ini maka banyak pihak yang dirugikan, meraka sudah anggap sertipikat tidak ada masalah nyatanya seperti itu, ” jelas ketua FPII kuansing lagi.

“semoga BPN bertanggung jawab membatali atas sertifikat ganda ini secepatnya, dan membuat kebijakan yang bagus,” demi untuk penyelesaan

Saat di konfirmasi kepala BPN kuansing tak bisa di temui sampai saat ini.(Tim)

Sumber : FPII korwil Kuansing

15 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *