Mobil PCR Keperluan Swab Test Patut Diapresiasi, Alangkah Naifnya Bila Kendaraan Dinas Ditempel Foto Pejabat

Reporter: Abdul Muas
Media Berantas Kriminal

 

MEDIABERANTASKRIMINAL.COM, BATU BARA | Pemerintahan Kabupaten Batu Bara, Melalui Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.Ap Wacanakan Anggaran Pembelian Mobil PCR untuk Keperluan Swab Test Patut di Apresiasi, Dalam Artinya Indonesia Melawan Virus dan Guna Mencegah Dampak Covid-19.

Pasalnya, Mobil Operasional Pemda/Pemkab ada kalanya diberi label, ” Ini Kendaraan Operasional Dinas di Pemda/Pemkab terkait, Kamis (17/09/2020).

Menurut sumber yang dipercaya, Kendaraan dinas pemerintah pada hakikatnya dibiayai dari uang rakyat, untuk pusat dialokasikan dalam APBN dan untuk daerah dialokasikan dalam APBD, Keduanya bersumber dari pajak rakyat. Di banyak daerah di republik ini, keberadaan kendaraan dinas yg lajim disebut dengan Kendaraan Operasional itu kerap berlabel tulisan.

Logika dibalik tulisan itu semua untuk menunjukkan kepada rakyat bahwa kendaraan operasional itu dibiayai dari uang rakyat. Oleh karenanya, kendaraan tersebut diberi tulisan atau ditempel dengan sticker tanpa disertai dengan foto pejabat tertentu.

Kenapa demikian ? Karena kendaraan itu bukan dibeli atau bukan merupakan sumbangan pribadi pejabat tertentu. Sehingga alangkah naifnya bila kendaraan dinas apapun ditempel foto pejabat.

Di sisi lain, penggunaan kendaraan dinas harus difungsikan untuk kepentingan dinas, sehingga tidak tepat bila kendaraan dinas digunakan oleh keluarga pejabat yang diberi amanah untuk memakai kendaraan dinas itu.

Terkait rencana Pemkab Batu Bara akan mengadakan mobil PCR untuk keperluan Swab Test patut diapresiasi dalam rangka untuk meminimalisasi dampak penularan wabah Covid-19 yang saat ini memberi dampak luar biasa bagi kesehatan dan perekonomian rakyat. Cetus sumber. (Abdul Muas)

16 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *