Rabu , 24-April-2024

Media Berantas Kriminal

Pasca Kunker Presiden RI Joko Widodo, Pj Bupati Padang Lawas Pertajam Kordinasi dengan Kementerian Terkait

Padang Lawas – Media Berantas Kriminal | PJ Bupati Padang Lawas Dr. Edy Junaedi Harahap, S.STP, M.Si beserta rombongan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas telah bertemu dengan beberapa kementerian di Jakarta untuk menindaklanjuti poin-poin yang lahir dari kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Padang Lawas tanggal 15 Maret 2024 yang lalu.

Rangkaian perjalanan dimulai Kamis (21/03/2024), sekitar jam 09:00 di Kantor Kementerian Kesehatan denganDirektur Fasyankes RI dr. Aswan Usman M.Kes, untuk membahas kebutuhan peralatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah Sibuhuan. Dari pertemuan tersebut didapat kesimpulan bahwa pembangunan ruangan KRIS (Kelas Rawat Inap Standar) akan dilaksanakan secara bertahap hingga 2027, dengan syarat yaitu Pemkab Padang Lawas harus berkomitmen untuk menyiapkan SDM yang layak untuk pengadaan tersebut.
Bacaan Lainnya

Kontroversi Karang Taruna Provinsi Kepulauan Riau dalam Kepri Fair 2024Bhabinkamtibmas Polsek Sosa Laksanakan Patroli Dan Pengamanan GerejaCipta Kondisi di Bulan Ramadhan, Sat Samapta Polres Ciamis Patroli Antisipasi Premanisme

Untuk rehabilitasi ruangan CT Scan, hal tersebut akan ditampung dari DAK Fisik, yang jika sudahrampung pada paling lambat bulan Oktober ini akan mulai menerima penyaluran alat-alat yang dijanjikan. Begitu juga dengan program layanan KJSU (kanker, jantung, stroke, dan urenofrologi), dimana bantuan alat medis akan digelontorkan oleh Kemenkes jika sarana pelayanan sudah dilengkapi oleh pihak setempat. Direktur Fasyankes dr. Arwan juga mengharapkan adanya konsultasi
berkelanjutan terkait standar bangunan-bangunan yang harus dikerjakan tersebut baik itu CT Scan, Cath Lab, maupun KRIS.

Selanjutnya disusul dengan audiensi di Kantor BULOG pada pukul 11:30 dengan Sekretaris Perum(Sesper) BULOG Arwakhudin Widiarso, terkait pengusulan peningkatan kapasitas Gudang Huta Lombang yang saat ini hanya bisa menampung 500 ton. Berkaca pada arus perputaran komoditassetempat yang mencapai 75%, hadirin rapat tersebut sepakat bahwa pembangunan gedung baru
berkapasitas 1.000 ton sesungguhnya layak dilakukan, terlebih jika melihat luas tanah Gudang Huta Lombang yang sebesar 5.000 m2.

Apalagi sertifikat tanah tersebut juga sudah dimiliki oleh Perum BULOG sendiri. Sesper BULOG Arwakhudin terkait hal ini kemudian mengarahkan Seymour Magabe Harahap sebagai Manager Gudang Nasional Perum BULOG sekaligus Ketum Serikat Pekerja Perum BULOG untuk segera merealisasikan usulan penambahan kapasitas Gudang Huta Lombang, Padang Lawas.

Di hari kedua, rangkaian audiensi dilanjutkan seusai Shalat Jum’at (22/03/2024), pukul 14:00 di Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, yang diwakili oleh Kasubdit Sistem Strategi Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan (SSPJJ) Primawan Avisena. Agenda yang dibahas meliputi usulan 3 ruas jalan di Padang Lawas untuk
Program IJD (Inpres Jalan Daerah) 2024, yang akan diproses melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) 1 Sumut.

Ke dalam program tersebut, Pemkab Padang Lawas mengusulkan penambahan 2 ruas jalan, yaitu Sihapung-Madina dan Sibuhuan-Sosopan, yang masing-masing bertujuan untuk akses menuju Bandara A.H. Nasution di Mandailing Natal dan Bandara Aek Godang di Padang Lawas Utara.Kasubdit SSPJJ Primawan mengatakan bahwa penambahan ruas jalan ini akan didorong untuk realisasi pada tahun 2024-2025, menyusul proses dan hasil survei dari tim BBPJN.

Semoga dengan tindak lanjut ini, dengan segala upaya dilakukan untuk mendorong pemerintah pusat, sehingga pembangunan Kabupaten Padang Lawas lancar dan sukses agar bisa mengejar ketertinggalan dari daerah lain di Sumatera Utara.

Hal ini tidak akan dapat terwujud jika seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat tidak saling bahu membahu, maka marilah kita memanfaatkan momentum yang ada ini.

Reporter : Riaman
Editor : Hengky

 

 

About Author