PB-MBN Langkat Berharap Bupati Langkat Serius Menyusun Perda dan Perbup Tentang Ornamen Melayu

Langkat – Media Berantas Kriminal | Pengurus Besar Majelis Belia Negeri (PB-MBN) Langkat akan sampaikan surat permohonan usulan secara resmi tentang Ornamental Bangunan Berciri Khas Melayu agar masuk dalam Rancangan Peraturan Daerah tentang Bangunan Gedung (BG) tahun 2021.

“Isi permohonan tersebut meminta kepada DPRD Langkat, selaku wakil kami di legislatif agar memasukkan bunyi butir penerapan Ornamental bangunan berciri khas Melayu, terutama pada bangunan publik, baik itu pada bangunan Pemerintah Kabupaten Langkat sendiri, maupun ditingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan, serta di bangunan BUMN dan BUMD. Termasuk juga bangunan perkantoran swasta, maupun fasilitas umum yang dikelola swasta,” ujar Agusma Hidayat, selaku Wali Utama PB-MBN Langkat, Minggu (14/11/2021) kemarin.

Dijelaskannya, Ornamental bagian bangunan yang dimaksud merupakan ukiran dan ragam hias Melayu, baik digunakan dibagian dalam maupun luar bangunan.

“Jika terdapat bangunan yang belum sesuai ketentuan, maka secara bertahap dapat dilakukan penyesuaian. Penerapan elemen bangunan berciri khas Melayu dapat pula dibangunan pada rumah penduduk, tetapi sifatnya sukarela, lebih ditekankan kepada bangunan publik dan fasilitas umum,” ungkap Agusma Hidayat.

Dan apabila penerapan Ornamen Melayu masuk dalam Perda tentang Bangunan Gedung yang akan dibahas akhir tahun 2021 ini, maka ini akan menjadi suatu prestasi dimasa DPRD Langkat kita saat ini,” jelasnya.

“Ketentuan lebih lanjut tentu akan diatur dalam Peraturan Bupati, dan kita mengharapkan kepada Bupati Langkat kita saat ini, agar segera menepati janjinya yang telah diucapkan sejak audiensi kami pada Februari 2021 yang lalu, untuk menyusun Perbup tentang Ornamen Melayu.

Tentunya dinas dan instansi terkait agar bekerja serius menyusun jadwal dan tahapannya untuk mendukung program dan visi Pemerintah Kabupaten Langkat saat ini,” pungkasnya mengakhiri.

Reporter : Udin
Editor : Hengky

52 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *