Peduli Lingkungan, PKS PT.KIP Tabur Benih Ikan Disungai Parsuluman Pamingke

MEDIABERANTASKRIMINAL.COM, LABUHANBATU UTARA | Bukti kepedulian terhadap Lingkungan dan Masyarakat, Managemen Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Kencana Inti Perkasa (KIP) yang beradi di jalinsum Kampung Yaman, bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu Utara (Labura) menabur benih ikan nila dan ikan lele sebanyak 8000 ekor disungai Pamingke, Dusun Parsuluman, Desa Bandar Selamat, Kecamatan Aek Kuo, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumut, Selasa (14/07/2020).

Sebelum ditaburkan kesungai ribuan bibit ikan itu terlebih dahulu diserahkan kepada Pemerintah Desa setempat secara simbolis yang kemudian diserahkan kepada masyarakat untuk ditaburkan bersama-sama ke sungai.

Acara penaburan bibit ikan diawali langsung oleh Kadis DLH, Drs. H. Imam Ali Harahap, disusul Mill Manager PKS PT.KIP M. Rais Nasution, Kades Bandar Selamat dan Kadus Parsuluman, Sekretaris DLH dan Tokoh Masyarakat disaksikan oleh E. Dasopang dari Masyarakat Peduli Alam dan Lingkungan Labura serta perangkat desa bandar selamat dan puluhan masyarakat Desa Bandar Selamat.

Mewakili PKS PT.KIP, M. Rais Nasution (Mill Manager) didampingi M. Irfan (KTU), Manuel Marpaung (HSE), Supriyadi (Danru Security) dan M. Rifai Siregar (KIPAN 126 Damuli).

saat diwawancarai mengatakan kegiatan tabur benih ikan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Hal ini guna untuk mengembalikan kehidupan hayati di sungai Sekitar Aek Kuo ini agar tidak punah.

“Sebagai Perusahaan pengolah minyak kelapa sawit (CPO), PKS PT.KIP hari ini menabur bibit ikan nila dan ikan lele sekitar 8.000 ekor ke sungai guna meningkatkan ekosistem hayati. Inilah salah satu bentuk kepedulian perusahaan,” ujarnya.

Rais panggilan akrab manager juga menyampaikan PKS PT.KIP sangat terbuka dengan masyarakat dan siap bekerja sama dengan baik “Perusahaan siap dijadikan sahabat dan partner Kedepan, keberadaan kami menjadi partner bagi masyarakat terutama warga sekitar perusahan, baik petani dan nelayan,” imbuh Rais mengakhiri.

Masih ditempat yang sama Kepala Desa Bandar Selamat, Kecamatan Aek Kuo Kabupaten Labura, Umar Dani Tanjung SP, mengucapkan terima kasih kepada PKS PT.KIP yang telah menabur benih ikan sungai Pamingke Dusun parsuluman.

Pak Tanjung sapaan akrab Kades Bandar Selamat didampingi Kepala Dusun II Parsuluman, M.Nurdin Panjaitan dan Rido dari Kepala Dusun Stasiun Pamingke, dan Darwis Sagala sebagai Tokoh masyarakat berharap agar PKS PT.KIP menyalurkan dana CSR untuk Rumah Ibadah.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu Utara Drs. H. Imam Ali Harahap MA.P memberikan apresiasi terhadap PKS PT.KIP. “Kepedulian seperti ini harus ditiru oleh PKS lainya yang ada di Labura. Saya apreasiasi yang dilakukan PKS PT. KIP,” puji Imam.

Imam Ali melanjutkan “Hari ini, pihak perusahaan peduli dengan lingkungan. Ditaburnya sekitar 8000 benih ikan. Kalau ada kekurangan baiknya dikomunikasikan secara arif. Cari solusi yang tidak merugikan masing masing pihak, apakah masyarakat ataupun perusahaan. Keduanya harus menyatu. Intinya saat ini Perusahaan terbuka atau welcome dengan masyarakat. Saya rasa ini sudah cukup bagus,” urai Imam.

Oleh karena itu lanjut Kadis DLH menghimbau semua PKS yang ada di Bumi “basimpul kuat babentuk elok” ini agar memperhatikan masyarakat. Gandeng penggiat alam dan lingkungan serta tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuka setempat.

“Keluarkan Dana CSR. Perhatikan Kampung sekitar. Bergotong royong dengan masyarakat ciptakan hidup rukun antara perusahaan dengan masyarakat. Pasti akan berjalan dengan baik,” pungkas Imam.

Selain Kadis Lingkungan Hidup turut hadir dalam kegiatan tersebut sekretaris DLH Erwinsyah siregar, SH. Kabid PPLH Chandra tarigan SP. dan Yasir siregar ST sebagai Kasie.

Reporter: Ervin N Dasopang
Media Berantas Kriminal

61 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *