Pemdes Gunung Mas Terus Berkomitmen Bangun Desa Demi Kesejahteraan Warga

Lampung Timur (MEDIA BERANTAS KRIMINAL. COM) – Marga Sekampung jum’at, (23 Oktober 2020) Desa Gunung Mas merupakan salah satu desa dari delapan desa yang ada di Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung. Desa ini memiliki potensi besar dari bidang pertanian dan perkebunan, serta peternakan, hal ini ditunjang dengan faktor geografis alam yang sangat mendukung.

Di bidang pertanian Desa Gunung mas turut menyokong kebutuhan jagung baik kebutuhan lokal bahkan untuk kebutuhan expor. Bila di perhitungkan, petani yang ada di Desa ini dapat menghasilkan puluhan bahkan ratusan  ton jagung kering pertahunnya. Bukan hanya jagung sebagai komoditi andalan dari bidang pertanian, namun buah-buahan seperti pisang, pepaya, alpukat dan lainnya juga dihasilkan dalam jumlah yang cukup melimpah dari wilayah Desa ini.

Karena itulah, Sutiyarto Kepala Desa Gunung Mas memandang penting adanya pembangunan di Desanya untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat seperti pembangunan jalan menuju lahan pertanian dan perkebunan agar petani dapat lebih mudah dalam beraktifitas terutama saat mengangkut hasil panen mereka.

Adanya program Dana Desa (DD) yang setiap tahunnya digulirkan pemerintah membawa banyak manfaat besar terutama pembangunan infrastruktur jalan Desa, sumur bor, drainase dan lain sebagainya. Walaupun pada tahun 2020 ini, negara Indonesia bahkan dunia sedang dilanda Pandemi Covid-19, namun pembangunan harus tetap berjalan.

Pemerintah Desa Gunung Mas yang dipimpin oleh Sutiyarto (Kepala Desa Gunung Mas) berkomitmen tetap melakukan pembangunan dengan tujuan agar kebutuhan akan infrastruktur jalan dapat berangsur-angsur terpenuhi.

Sesuai dengan himbauan dan program Pemerintah Pusat seperti mendirikan posko Covid-19, melakukan himbauan kepada warga dan melakukan pendataan warga yang berhak menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, dengan mengutamakan warga yang benar- benar berhak dan sangat membutuhkan bantuan akibat terdampak pandemi Covid-19.

Selain itu tanggap mengantisipasi penyebaran Covid-19,  pembangunan infrastruktur sendiri, Desa Gunung Mas ditahun 2020 telah membangun jalan lapen dengan volume 1.700 x 3 meter yang berada di Dusun II, III, V, VI dan VIII dengan total anggaran sebesarRp.457.334.000., dengan tetap menjalankan anjuran Pemerintah yakni memberdayakan masyarakat desa setempat.

Kades Gunung Mas, Sutiarto mengatakan, bahwa pembangunan yang dilakukannya untuk desa tentu tidak luput dari sumbangsih warga masyarakat sendiri serta komitmen dan kerja keras dari para aparatur desa untuk memajukan desa Gunung Mas agar kehidupan masyarakatnya dapat lebih sejahtera.

“Alhamdulilah selama saya menjabat, semua pekerjaan kita lakukan dengan sebaik-baiknya. Kita juga selalu memberdayakan masyarakat setempat. Jadi pembangunan di desa ini berkat kerja keras masyarakat sendiri yang  dapatsaling bahu- membahu agar Desa Gunung Mas semakin maju”,  ucap Kepala Desa Sutiyarto saat di konfirmasi wartawan mediaberantaskriminal.com di sela-sela kesibukannya. (*)

23 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *