Pemerhati, Wakil Ketua LSM PKRN Beserta Awak Media Sambangi Kantor Camat Basira dan Kantor Penghulu Panca Mukti

Rohil – Media Berantas Kriminal | Wakil Ketua LSM PKRN beserta awak Media, Pada Hari Jum’at 12 Nopember 2021 di Kantor Camat Basira Kabupaten Rokan Hilir, terkait Hasil Evaluasi kerja dari pihak kecamatan ke kantor desa Panca Mukti Baru -baru ini, tentang anggaran BUMdes Panca mukti yang diduga bermasalah.

Dari hasil kunjungan Tim tersebut tidak membuahkan Hasil, dikarenakan Camat Basira Drs H MHD Yusuf M.si yang akan di temui sedang tidak berada ditempat, Tim hanya bertemu dengan staf kecamatan dikantor camat tersebut.

Selanjutnya.., Wakil Ketua Lsm PKRN ,R.Damanik menghubungi camat melalui telpon selularnya.

Dalam pembicaraan melalui telepon selular R.Damanik memohon Izin untuk berkunjung ke Kantor Desa Panca Mukti, dengan Agenda melanjudkan konfirmasi beberapa hari yang lalu kepada datuk penghulu panca mukti, namun Awalnya pak camat tak bersedia memperbolehkan mereka ke kantor desa tersebut.

Selang beberapa waktu, camat Basira melalui Staf nya, memberikan izin kepada Tim yang akan berkunjung kedesa tersebut, selanjutnya tim pun berangkat dari kantor camat menuju kantor desa kepenghuluan panca mukti.

Setibanya Tim dikantor desa tersebut sekira pukul 13:39 Wib, namun tidak membuah kan hasil, dikarenakan kantor desa tersebut sudah tutup dan digembok, dengan penuh kesabaran sebagai Sosial Kontrol dan investigasi, Tim pun menanti Sampai kantor tersebut Buka kembali.

Dalam beberapa Jam lamanya tim menunggu, Namun Kantor tersebut tak kunjung Buka, hal itu membuat Tim jenuh dan merasa kecewa, dari salah Satu sumber masyarakat yang ada dilokasi tersebut mengatakan.” SETAHU SAYA KALAU JAM SEGINI KANTOR JARANG BUKA LAGI PAK..!!! dengan menirukan keterangan Sumber, R. Damanik mengatakan Padahal waktu Baru menunjukkan pukul 15:00 Wib, Yach begitulah pak,” ucap sumber melalui R.Damanik.

Dalam Hal ini Wakil Ketua Lsm PKRN R.Damanik angkat bicara, Bahwa kepenghuluan Panca Mukti ,Kecamatan Basira, Kabupaten Rokan Hilir, sudah melanggar Intruksi Presiden , yang menyatakan setiap instansi pemerintah diseluruh indonesia wajib buka kantor pukul 07:30 sampai 16:00 wib, sebab kantor tidak boleh kosong selagi jam kerja, harus ada yang tinggal di kantor tersebut,” jelas R.Damanik.

Sambung nya.., yang dikwatirkan nantinya , apabila ada warga masyarakat hendak mengurus surat-surat penting secara mendadak, yang harus selesai itu hari juga, bagaimana jadinya, sedang kan kantor tidak buka, apa tidak kecewa masyarakat, ” beber R.Damanik kepada awak media ini.

Hal ini R.Damanik mengatakan kinerja Datuk Penghulu Panca Mukti yang Terkesan telah melanggar intruksi presiden tentang Waktu batas jam kerja di kepenghuluan yang ia pimpin tersebut,” paparnya.

Terang R.Damanik, kantor Desa adalah perpanjangan tangan pemerintah untuk mempermudah pengurusan adminitrasi dalam penyuratan yang butuhkan masyarakat, jadi bagai mana masyarakat mau mengurus surat -surat kalau kantor tutup, diwaktu jam kerja,” terang Wakil Ketua LSM PKRN,

untuk menyikapi hal ini, R.Damanik meminta agar pihak terkait yaitu bapak bupati Rokan Hilir , Camat Bagan Sinembah Raya, agar memberi teguran atau sanksi Adminitrasi kepada Datuk Penghulu Panca Mukti, agar mengikuti peraturan Batas Dinas Jam kerja, sesuai intruksi presiden,” tutupnya mengakhiri.

Reporter : B. Naibaho
Editor : Heri Kurniawan

60 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *