Pemerintah Aceh Tamiang Serahkan Kartu Tani Secara Simbolis

Aceh Tamiang | mediaberantaskriminal.com – Sebanyak 12.566 Kartu Tani Pupuk Subsidi diluncurkan secara resmi oleh Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, M. Kn untuk para Kelompok Tani yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang, kegiatan berlangsung di Aula Sekretariat Kabupaten Aceh Tamiang pada hari Kamis (04/02/2021).

Pada kesempatan tersebut Bupati Aceh Tamiang menyampaikan, penerbitan Kartu Tani ialah wujud nyata upaya Pemerintah untuk membantu petani dan pemberian subsidi pupuk akan lebih tepat sasaran. Fungsi lainnya dari manfaat kartu tersebut adalah bisa dijadikan sebagai tabungan dan dompet atau ewallet untuk belanja alokasi,” jelasnya.

“Para petani tidak diberi uang, melainkan bantuan langsung berupa kuota atau alokasi pupuk subsidi yang didapat oleh pemegang kartu.

Mekanisme dari penggunaan kartu tani ialah penerima kartu datang ke kios yang telah ditunjuk Pemerintah dan BNI, dengan menunjukkan kartu tani yang di dalamnya terdapat kuota atau saldo untuk menebus pupuk,” ungkapnya.

Kesempatan yang sama, M. Yunus, SP Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perternakan menyampaikan, para penerima kartu tani merupakan anggota kelompok tani aktif dan terdaftar dengan data meliputi NIK, Nama, Alamat, Luasan lahan usaha tani, kepemilikan ternak,” jelasnya.

Usai penyampaian pengarahan, Bupati menyerahkan secara simbolis kartu Tani kepada perwakilan kecamatan Manyak Payed pada kelompok Bijih Mata, Karang Baru untuk kelompok Tani Jaya, kecamatan Sekerak kelompok Mandiri, Seruway kelompok Tani Pelopor, Tamiang Hulu kelompok Bina Usaha, kecamatan Tenggulun kelompok Berani Maju, Kejuruan Muda kelompok Meranti Jaya, Banda Mulia kelompok Dono Rejo Maju Jaya, Bandar Pusaka kelompok Jemay, kecamatan Rantau kelompok Ingin Jaya dan kecamatan Bendahara kelompok Subur Tani.

Turut hadir dalam acara tersebut, perwakilan Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang, Kepala BNI Syariah Kcp Kualasimpang, kepala BSI Kcp Kualasimpang, KTNA Aceh Tamiang, dan Badan Penyuluhan Pertanian Aceh Tamiang

Reporter: Fendi/Zoel
Editor: Hermanto

152 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *