Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA: Kepribadian Tangguh, Tumbuh dari Suasana Prihatin

MEDIABERANTASKRIMINAL.COM, Pakpak Bharat | Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA, menunjukkan rasa bangga dan salutnya atas penjajakan kerjasama dengan Politeknik Negeri Medan, yang dipimpin langsung Direktur Polmed, Abdul Rahman, SE (Ak), M.Si, dalam acara pertemuan silaturahmi Peningkatan Kerjasama Pemkab Pakpak Bharat dengan Polmed di Balai Diklat, Cikaok, pada Senin (29/06/2020).

Dalam acara yang dihadiri, Ketua DPRD, Sonni, P. Berutu, S.Th, bersama Komisi III DPRD, Ragat Manik, serta perwakilan Forkopimda, Sekda, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si bersama para pimpinan OPD, para Kepala Sekolah mulai dari tingkat PAUD sampai SMA, pengawas sekolah, para Kepala Desa, pemuka masyarakat dan pemuda, serta undangan lainnya, Pj. Bupati mengutip ucapan Presiden Soekarno yaitu ‘kepribadian yang tangguh tumbuh dari suasana prihatin’, sembari mengilustrasikan tentang kondisi bangsa Indonesia kala itu tapi sanggup memerdekakan diri dari penjajah.

Pj. Bupati berharap, suasana Kabupaten Pakpak Bharat yang masih bisa dianggap prihatin dengan minimnya sumber daya yang mumpuni, akan melahirkan kepribadian yang tangguh untuk bertahan dan meraih mimpi. “Manusia normal itu harus punya mimpi,” tandasnya.

Beliau juga menegaskan sangat mencita-citakan Pakpak Bharat akan bangkit jika semua kita bersepakat melahirkan pemuda-pemudi Pakpak Bharat yang tangguh, salah satunya melalui kerjasama dengan Politeknik Negeri Medan. Tak lupa Asren Nasution menyampaikan rasa terima kasihnya atas keringanan langkah jajaran Politeknik Negeri Medan yang hadir di Pakpak Bharat dalam rangka menjajaki kerjasama yang akan dilakukan.

Ketua DPRD, dalam sambutannya menyatakan bahwa sesungguhnya pendidikan merupakan solusi semua permasalahan. Beliau menyambut baik jika nanti dibuka kelas Kampus Politeknik di Pakpak Bharat. “Tetapi semua harus melalui kajian dan data pendukung yang mendalam sehingga tidak hadir lagi pengangguran intelektual di Kabupaten ini”, tegasnya dan berharap Polmed tidak semata-mata mengejar kuantitas, tetapi juga melihat peluang dan kesempatan yang ada serta dibutuhkan di
Kabupaten Pakpak Bharat.

Direktur Polmed, sembari memperkenalkan jajarannya menyatakan rasa terima kasih atas penerimaan dari pihak Kabupaten Pakpak Bharat. “Entry point terpenting kehadiran kami di Pakpak Bharat adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pengabdian kepada masyarakat”, ujarnya. Beliau juga memaparkan beragam prestasi Politeknik Negeri Medan, seperti kerjasama pembangunan Smart City dengan beberapa Pemko dan Pemkab di Sumatera Utara serta Pemprovsu, teknologi energi terbarukan dengan bio diesel, serta kerjasama terkait Bumdes dan Dana Desa.

Plt. Ka. Dinas Pendidikan, Kasiman Berutu, SE (Ak), saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta pemuda dalam pembangunan daerah di Kabupaten Pakpak Bharat, yang antara lain berupa persiapan pembukaan kampus Politeknik Negeri Medan di Pakpak Bharat melalui program studi di luar kampus utama; pendampingan dana desa, termasuk pembentukan Bumdes; pembentukan desa binaan; dan pendampingan dalam peningkatan kapabilitas
APIP.

Reporter: Alferin Padang
Media Berantas Kriminal

107 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *