Reses Anggota DPRD Sumut di Desa Manunggal, Wagirin Arman: Tanggung Jawab Sebagai Wakil Rakyat Meneruskan Aspirasi Rakyat Kepada Pemerintah

Deli Serdang | mediaberantaskriminal.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara, Wagirin Arman, S.Sos menggelar Reses I di tahun sidang II 2020-2021, terhitung sejak 12 hingga 19 Desember 2020. Pandemi Covid-19 belum juga berlalu, tapi tak membuat Legislator dari Fraksi Golkar DPRD Provinsi Sumatera Utara ini berhenti memikirkan nasib rakyat.

Reses I di tahun sidang II 2020/2021 kali ini, Wagirin Arman bertemu langsung dengan tokoh dan warga masyarakat desa Manunggal, di Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, tepatnya di halaman kantor Desa Manunggal, pada Hari Sabtu (19/12/2020), acara reses berlangsung dari pukul 10.00 Wib pagi hingga Pukul 12.00 Wib siang.

Reses adalah merupakan komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala merupakan kewajiban anggota DPRD untuk bertemu dengan konstituennya secara rutin pada setiap masa reses.

Tujuan reses adalah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di Dapil sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan.

Camat Labuhan Deli Marzuki S.Sos MAP, Kepala Desa Manunggal Mukhlisin, Wakil Ketua Partai Golkar Kabupaten Deli Serdang Bidang Pemenangan Pemilu wilayah V Gandhy Panigoro, mewakili dari DPD II Partai Golkar Kabupaten Deli Serdang Edi Alfian, dan Pimpinan Perwakilan Kecamatan Labuhan Deli Partai Golkar Ahmad Siddik.

Dalam reses turut hadir Camat Labuhan Deli Marzuki S.Sos MAP, Kepala Desa Manunggal Mukhlisin berserta para kepala dusun, Polmas dan Babinsa Desa Manunggal, Wakil Ketua Partai Golkar Kabupaten Deli Serdang Bidang Pemenangan Pemilu wilayah V Gandhy Panigoro, mewakili dari DPD II Partai Golkar Kabupaten Deli Serdang Edi Alfian, Kader Partai Golkar Kecamatan Hamparan Perak, Pimpinan Perwakilan Kecamatan Labuhan Deli Partai Golkar Ahmad Siddik berserta kader Partai
Golkar Perwakilan Kecamatan Labuhan Deli, kader Partai Golkar Pimpinan Desa se-Kecamatan Labuhan Deli beserta AMPG, Kosgoro, tokoh masyarakat, alim ulama, ibu ibu perwiritan dan tokoh pemuda dari GM FKPPI, Pemuda Pancasila, IPK, dan AMPI.

Dalam sessi penyampaian aspirasi, Batara Lubis selaku tokoh pemuda menyampaikan saran, masukan dan uneg-unegnya.

Beberapa usulan di antaranya, terkait permasalahan yang dialami para pensiunan PTPN II di dusun I desa Helvetia tepatnya di komplek emplasmen kebun Helvetia yang saat ini di intruksikan oleh pihak PTPN II untuk mengosongkan rumahnya, hingga saat ini belum ada titik solusi terkait kesepakatan dengan pihak PTPN II.

“Jelas ini menjadi tanggung jawab moral dan politis Legislator untuk menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di Dapilnya,” ucap Batara Lubis.

Lanjut Batara Lubis, menyinggung Organisasi Kemasyarakatan.

Organisasi Kemasyarakatan merupakan salah satu pendorong dinamika sosial dan politik masyarakat. “Dalam situasi politik Indonesia, Organisasi Kemasyarakatan boleh jadi tidak perlu lagi menjadi kekuatan penentang pemerintah, melainkan sesuai dengan namanya sebagai penganjur keswadayaan.

Berperan sebagai pelopor masyarakat sipil yang masih perlu penguatan, untuk itu perlunya peran pemerintah Kecamatan dan Desa di Kecamatan Labuhan Deli untuk peduli dan bersinergi dengan mereka,” tutup Batara Lubis.

Selanjutnya, aspirasi yang disampaikan oleh ibu ibu perwiritan diwakilkan oleh ibu Sri diantaranya tentang drainase dan lampu jalan.

“Aspirasi ini nanti saya akan teruskan karena ada beberapa hal yang harus di sampaikan di Rapat Paripurna Reses DPRD Provinsi Sumatera Utara. Usulan ini akan di ajukan karena untuk kepentingan masyarakat.

“Dari penyerapan Aspirasi masyarakat terkait drainase dan lampu jalan, nantinya akan kita ajukan supaya akan diterima pada waktu rapat Paripurna Reses DPRD Provinsi dan instansi Pemprovsu di bahas supaya di terima,” ujar Wagirin Arman.

Apa yang menjadi keluhan dari warga pada saat para Legislator turun lapangan untuk menggelar agenda reses merupakan bentuk pertanggung jawaban sebagai Wakil Rakyat untuk meneruskan aspirasi rakyat itu kepada Pemerintah,” tegas Wagirin Arman mengakhiri reses.

Reporter: Hermanto/Iyan
Editor: Heri Kurniawan

 

202 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *