Tapsel Terbaik Pertama Program Unmet Need KB di Sumut

Tapsel | mediaberantaskriminal.com – Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana terima penghargaan terbaik 1 tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Piagam tersebut didapatkan atas Persentase kebutuhan ber KB yang tidak terpenuhi (Unmet Need) kategori kurang dari sama dengan 50.000, pasangan usia subur (PUS).

Hal ini dijelaskan Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Tapsel, H. Ibrahim Lubis melalui Sekretaris, Hamonangan Siregar, S. Sos, MM kepada awak media, Jum’at (05/03/2021).

Dikatakannya, piagam ini langsung diberikan oleh Kepala perwakilan BKKBN Sumut, Drs. Sahidal Kastri M. Pd pada penutupan Rakerda Bangga Kencana di Hotel Santyka Dyandra Medan, Kamis (04/03/2021) kemarin.

“Unmet need KB merupakan kebutuhan PUS untuk ber KB tetapi kebutuhan tersebut (tidak ingin anak lagi atau ingin menjarangkan kehamilan berikutnya) tidak terpenuhi dan tidak memakai alat kontrasepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kejadian unmet need KB dengan kehamilan yang tidak diinginkan,” ucap Hamonangan.

Dikatakannya, berdasarkan laporan statistik rutin sampai dengan Desember 2020 sebesar 11, 66 %. Yang sebelumnya di Tapsel unmet need di Tapsel sekitar 15 % sampai 16.5 % bisa diturunkan menjadi 11.66 %.

“Keberhasilan ini merupakan keberhasilan kita senua. Utamanya para penyuluh KB di lapangan dan juga mitra kerja seperti IBI, TNI AD, PKK dan juga para petugas medis yang ada di faskes (Puskesmas),” katanya.

“Saya mengucapkan terimakasih, kiranya kerjasama tersebut terus dipertahankan, dalam rangka meningkatkan keberhasilan Program Bangga Kencana di Bumi Kabupaten Tapanuli Selatan,” harap Hamon.

Reporter: Parlaungan Hasibuan
Editor: Hermanto

49 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *