Jumat , 19-April-2024

Media Berantas Kriminal

Upacara Pembukaan Pendidikan dan Pembentukan Bintara Polri Gel I T.A.2023 SPN Hinai Polda Sumut

Langkat – Media Berantas Kriminal | Dengan mengambil tema Polri Presisi Prediktif Responsibilitas Transparansi Berkeadilan Mahir Terpuji Patuh Hukum, dilaksanakan giat Upacara Pembukaan Pendidikan dan Pembentukan Bintara Polri Gel I T.A. 2C023 (Angkatan 48) SPN Hinai Polda Sumut, Selasa (07/01/2023) sekira pukul 08.30 WIB, di Lapangan Upacara Satya Haprabu SPN Hinai Polda Sumut,Desa Suka Jadi, kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat.

Sebagai Inspektur Upacara Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. RZ. Panca Putra Simanjuntak, M. Si dan bertindak sebagai Komandan Upacara AKBP Dany Surya Sagala,S.H dengan diikuti oleh peserta upacara :

Barisan Siswa Bintara Polri Gel I T.A. 2023 (Angkatan 48) berjumlah 217 Orang yang berasal dari Polda Sumut.

Turut hadir dalam giat tersebut antara lain :

Para PJU Polda Sumut, KA SPN Hinai Polda Sumut Kombes Pol. Mahedi Surindra, SH, SIK,MH,Plt. Bupati Langkat H.Syah Afandin, SH,Kajari Langkat Mei Abeto Harahap, SH,MH, Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, SH, SIK,MH,
Danyon Marinir 8 Tangkahan Lagan Letkol Mar. Agus Wahyudi, Camat Hinai Bahrum, SE, Danramil 09 Hinai Kapten Inf. M. Ridwan, Para Siswa Diktukba Polri Gel I TA. 2023 berjumlah 217 orang,Tomas, Toga dan Toda Kab. Langkat,Perwakilan orang tua Siswa Bintara Polri,Tamu dan undangan lainnya.

Adapun rangkaian kegiatan upacara Pembukaan DIKTUKBA POLRI TA. 2022 adalah :
Komandan Upacara memasuki Lapangan Upacara,Inspektur Upacara memasuki Lapangan Upacara,Menyanyikan Lagu Hymne Polri,Laporan Komandan Upacara kepada Ispektur Upacara,Pernyataan pembukaan Pendidikan pendidikan Diktukba Polri Gel. I Thn 2023 SPN Polda Sumut oleh Inspektur Upacara.

Kemudian, penyematan tanda Pangkat Siswa oleh Inpektur Upacara dan amanat Inspektur Upacara yang menyampaikan :

– Ucapan terima kasih atas keberhasilan saudara yang telah lulus seleksi dan ditetapkan menjadi peserta didik pada program Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gel. I TA. 2023.
– Selamat datang di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, tempat para peserta didik sekalian akan didik ditempa dan dilatih untuk menjadi insan Tribrata yang Profesional, Bermoral serta memiliki mental dan Integritas yang baik.
– Keberhasilan yang saudara raih ini, merupakan berkah dan Karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta Doa dan dukungan orang tua.
– Program Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gel. I TA. 2023 diselenggarakan dalam 2 (dua) gelombang dengan lama pendidikan
Selama 5 bulan. Gelombang I ya g dibuka hari ini diselenggarakan secara serentak di 31 SPN Polda dengan jumlah peserta didik sebanyak 9.112 orang yg terdiri dari :

1. Bintara Tugas Umum 6.270 orang
2. Bintara Brimob 500 orang.
3. Bintara Polair 100 orang.
4. Bintara Polwan 642 orang.
5. Tamtama Brimob 1.500 orang.
6. Tamtama Polair 100 orang.

– Sesuai dengan Kebijakan Kapolri dalam tranformasi Polri yang Presisi, Pendidikan menjadi aspek penting dalam Mempersiapkan SDM Polri yang unggul di Era Police 4.0.

– Kehadiran, Kemampuan dan perilaku saudara dilapangan akan menentukan wajah Polri dan tingkat kepercayaan masyarakat, oleh karena itu Pendidikan ini harus dirancang dengan mengutamakan Kualitas dan memberikan porsi pembelajaran yang lebih besar kepada praktek kerja lapangan dan pembentukan karakter ke Bhayangkaraan.

– Penekanan utama pada Kurikulum Pendidikan, Difokuskan pada Pendidikan Aspek Karakter dengan Penekanan pembentukan Etika dan Moral, Santun, Empati dan kasih sayang, Integritas dalam pelayanan Publik, serta malu melakukan pelanggaran dan kejahatan.

Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan beberapa penekanan kepada para peserta didik untuk dipedomani dan dilaksanakan :
1. Tingkatkan terus Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

2. Selalu Disiplin Dan Patuhi Protokol Kesehatan, Jangan Lengah, jangan kendor guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus Polri.

3. Ikuti semua proses Pendidikan dengan Tekun, penuh semangat dan selalu riang Gembira, serta Tanamkan tekad dan motivasi yang kuat bahwa selama berada di lembaga Pendidikan adalah untuk Belajar, Berlatih dan menempa diri.

4. Persiapkan fisik dan mental selama mengikuti Pendidikan, hindari pelanggaran sekecil apapun dan patuhi seluruh Peraturan serta ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Lembaga, sehingga saudara dapat menyelesaikan Pendidikan dengan baik dan lancar.

5. Bangun Komunikasi yang Interaktif dan Konstruktif antar sesama peserta didik, dengan Pendidik, Pelatih, Pengasuh dan
seluruh unsur pelaksana Pendidikan, sehingga akan terjalin hubungan yang Solid dan Harmonis kepada para peserta didik sekalian, selamat menempuh Pendidikan. Selamat belajar dan berlatih.

kepada Ka.
– Kepada para Ka SPN Polda Jajaran beserta segenap Tenaga Pendidik, Instruktur dan Pengasuh, saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian yang diberikan. Saya Titipkan para peserta didik, agar dibentuk menjadi Polisi sejati yang
siap memberikan Pelayanan, Perlindungan dan Pengayoman Kepada Masyarakat.

Kemudian, Andika Bhayangkari, Laporan komandan Upacara, Menyanyikan lagu Himne Polri, dan ditutup dengan doa.

Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang SH,SIK, MH, sampaikan hal ini di Stabat, melalui Kasi Humas AKP Joko Sumpeno, Selasa (07/02/2023).

Kegiatan tradisi pendidikan, diantaranya :
a.Ucapan terima kasih dari orang tua siswa Polri
b. Tari “Persembahan Selamat Datang” etnis Melayu Langkat oleh sanggar tari Hinai.
d. Tepung tawar kepada perwakilan Gadik/ Pengasuh dan Siswa Diktukba oleh Kapolda Sumut.

Pukul 09.30 WIB seluruh rangkaian upacara Pembukaan DIKTUKBA POLRI GEL. I TA. 2023 selesai dilaksanakan dengan situasi aman dan kondusif.

Reporter : Rosnauli
Editor : Hengky

About Author