Upaya Deteksi Dini, Karyawan PT KMS Mendadak Jalani Tes Urine

Reporter: Ervin Dasopang
Media Berantas Kriminal

 

MEDIABERANTASKRIMINAL.COM, LABURA | Upaya deteksi dini penyalahgunaan narkoba di sebuah perusahaan sangat penting. Karena itulah, Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT.KURNIA MITRA SAWIT (PT KMS) bersama Polres Labuhanbatu Satuan Reserse Narkoba melakukan pemeriksaan urin (Test Urin) Karyawan PT KMS dan sekaligus Lakukan Bimbingan Peyuluhan untuk
Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Halaman Kantor PT KMS, Desa Terang Bulan, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumut, Kamis (24/09/2020).

Dengan menggelar Program Bimbingan Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Test Urine terhadap 25 orang karyawan perusahaan yang dianggap perlu untuk di test urinnya.

Dari hasil pemeriksaan, salah satu karyawan diduga positif menggunakan narkoba. Tes urine ini menggunakan lima parameter yaitu Methamphetamine, Morphine, THC, Amphetamine dan Benzodiazepin. Kegiatan tes urine ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan penyuluhan kesehatan yang bertajuk, “Tetap Sehat Selama Pandemi dan keluarga besar PT. KMS Bebas dari Narkoba”.

Direktur Utama PT KMS, Eddy Man menyampaikan apresiasi atas dukungan Polres Labuhan Batu dalam kegiatan yang telah dilakukan hari ini. Ke depannya, ia berharap kerja sama dengan Satres Natkoba Polres Labuhan batu akan terus dikembangkan.

“Kita sebagai perusahaan menginginkan seluruh karyawan benar-benar bebas dari narkotika. Tes urine yang melibatkan puluhan karyawan merupakan tahapan berjalan yang dilakukan perusahaan,” katanya.

Menurut Achun sapaan akrab Direktur PT.KMS, kalau tidak dari sekarang kapan lagi ingin bersama memberantas peredaran narkoba yang saat ini posisinya saat mengancam masyarakat Indonesia terkusus di Kota Labura.

“Program tes urine ini akan terus kita tingkatkan demi karyawan bebas penyalahgunaan narkotika. Selain itu kita juga mendukung upaya pemerintah dalam rangka memperangi peredaran narkoba,” pungkas Achun.

Menurut salah seorang karyawan PT KMS yang namanya tidak mau disebut media ini, kepada MEDIABERANTASKRIMINAL.COM, ia sangat kaget saat dikumpulkan di Halaman Kantor PT. KMS.

“Kami tidak tau apa masalahnya disuruh kumpul di sini (mendadak,red). Taunya test urine satu persatu,” ujar karyawan.

Sementara itu, Kapolres Labuhan Batu AKBP Deni Kurniawan,SIK.,MH melalui Kasatres Narkoba AKP Martualesi Sitepu, SH, MH. mengatakan bahwa upaya penanggulangan dan mempersempit peredaran narkoba membutuhkan peran serta seluruh komponen bangsa termasuk PT KMS.

Ia berharap agar dari kegiatan ini, seluruh jajaran PT KMS mendapatkan pemahaman akan bahaya narkoba sehingga bisa menyampaikan ke keluarganya masing-masing.

“Mudah-mudahan kedepannya kerja sama yang baik untuk memberantas narkoba terus terjalin, dan semua karyawan dari PT KMS terhindar dari penggunaan narkoba,”
imbuh Martualesi.

AKP Martualesi Sitepu juga mengingatkan para karyawan PT KMS agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna menecegah penularan penyakit coronavirus (COVID-19).

Sebelum mengakhiri pembicaraan, Martualesi juga meminta peran serta karyawan guna turut serta mensukseskan Pemilihan Kepala Daera secara Damai di Labuhanbatu Raya (Labuhan Batu, Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan),” ucapnya dengan tegas. (Ervin Dasopang)

37 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *