4 Tanaman Unggulan Pakpak Bharat Terima Sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman dari Kementerian Pertanian

MEDIABERANTASKRIMINAL.COM, PAKPAK BHARAT | Kabar gembira dan menjadi hadiah yang sangat berharga bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat menjelang ulang tahunnya yang ke-17 yang akan jatuh pada tanggal 28 Juli nanti, berupa 4 (empat) tanaman khas dan unggulan Kabupaten Pakpak Bharat secara resmi mendapat sertifikat tanda daftar varietas tanaman yang merupakan varietas lokal dari Pusat Perlindungan Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian RI, yakni Nenas Pakpak, Gambir Brakrak Pakpak, Sukat (Keladi/Talas) Pakpak, dan Serai Wangi.

Hal tersebut diutarakan Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA, saat menerima sertifikat tersebut dari Kepala BPTP Sumut, Dr. Khadijah El Ramija S.Pi, MP, di Ruang Rapat Garuda, Gedung Sigellem Rempu, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak, pada Jumat pagi (24/07/2020), dengan didampingi Sekda, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si, beserta jajaran terkait.

“Rezeki itu ada di sekitar lingkungan halaman rumah kita, dan potensi ini membuat peluang kita akan semakin sejahtera jika kita mampu memanfaatkannya”, tutur Pj. Bupati lebih lanjut, seraya menjelaskan bahwa dengan adanya sertifikat ini Pakpak Bharat berhak mendapat royalti yang akan menambah pundi-pundi PAD Pakpak Bharat dan digunakan nantinya untuk kemakmuran rakyat.

Beliau juga melihat prospek yang lebih besar dengan memanfaatkan hasil pertanian, semisal dengan mengisi kekurangan dari sektor-sektor pertanian, utamanya kebutuhan pokok.

“Kita dapat bersinergi dengan wilayah lain, terutama untuk mengisi kebutuhan pokok yang tidak mereka miliki dan potensi ini ada di Pakpak Bharat”, tandasnya.

Kepala BPTP, sembari mempresentasikan tentang institusinya, juga menyatakan bahwa BPTP siap mengawal, mendorong dan menyemangati akan potensi kekayaan yang dimiliki Kabupaten Pakpak Bharat ini.

“Pakpak Bharat sangat menghasilkan dari sektor pertanian dan peluang ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga mampu membuat kehidupan masyarakat semakin baik ke depannya”, ujarnya. Acara berakhir menjelang tengah hari dan ditutup dengan tukar-menukar cendera mata, termasuk produk pertanian yang dimiliki Kabupaten Pakpak Bharat, serta berfoto bersama.

Reporter: Alferin Padang
Media Berantas Kriminal

63 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *