Antusias Warga Jalani IVA Test, Ny. Maya Indriasari Zahir Berikan Apresiasi

Batu Bara – Media Berantas Kriminal | Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir didampingi Sekretaris YKI Ny. Khairani Sakti Alam meninjau Puskesmas Sei Suka dan Puskesmas Pagurawan Kecamatan Medang Deras, Rabu (03/11/2021).

Peninjauan ini dalam rangka mensukseskan program IVA Test (Inspeksi Visual Asam Asetat) di Kabupaten Batu Bara. Warga Kecamatan Sei Suka Dan Kecamatan Medang Deras begitu antusias untuk mengikuti IVA Test.

Melihat hal ini, Ketua YKI Kabupaten Batu Bara memberikan apresiasi kepada para ibu – ibu peserta IVA test. Menurut Ny. Maya Zahir, dengan mengikuti IVA test, ibu-ibu telah ikut berpartisipasi dalam mencegah salah satu penyakit kanker, yaitu penyakit Kanker Serviks.

“Pemeriksaan IVA dianggap dapat membantu menyelamatkan banyak wanita karena relatif mudah dilakukan dan hasilnya cepat diperoleh. Pemeriksaan IVA dilakukan dengan meneteskan asam asetat (asam cuka) pada permukaan mulut rahim. Teknik ini dinilai terjangkau, mudah, hanya memerlukan alat sederhana, dan hasilnya bisa langsung didapatkan,” ujar Ny. Maya

Ny. Maya Zahir berharap kepada para ibu – ibu yang telah mengikuti IVA test agar mensosialisasikan kepada para tetangga, keluarga dan saudaranya agar mau mengikuti pemeriksaan IVA test di Puskesmas terdekat.

Reporter : Andi Siregar
Editor : Hengky

19 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *