BUMDesa Jabal Nur Desa Giri Mulyo Peringkat 28 Nasional, Dan Hari Ini Lounching Desa Tangguh Nusantara

Lampung Timur (MEDIA BERANTAS KRIMINAL. COM) – BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa adalah usaha yang dikelola oleh desa dan diprioritaskan untuk perkembangan desa. BUMDes merupakan salah satu langkah pemerintah dalam pemerataan pembangunan ekonomi. BUMDes bertujuan menjadikan desa memiliki kemandirian.

BUMDes diharapkan dapat melahirkan industri-industri kreatif di pedesaan. Industri kreatif ini sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat. Sehingga, urbanisasi dapat diminimalisir.

BUMDes Jabal Nur Desa Giri Mulyo Kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lampung Timur yang di ketuai oleh saudara Bowo mendapatkan peringkat ke-28 BUMDes terbaik Nasional pada tahun ini. Tentu keberhasilan BUMDesa Jabal Nur patut dijadikan contoh oleh desa-desa sekitar yang ada di Kecamatan Marga dan Kabupaten Lampung Timur pada umumnya.

Desa Giri Mulyo yang dipimpin oleh Ichsanudin pada hari selasa, tanggal 27 Oktober 2020 pagi menjelang telah dinobatkan sebagai Desa Tangguh Nusantara yang Lounchingnya dilaksanakan bertempat di aula kantor Desa Giri Mulyo dan dihadiri oleh anggota Forkofincam Kecamatan Marga Sekampung.

Desa Tangguh Nusantara merupakan Desa yang dianggap telah memiliki kemampuan ketahanan pangan dan ekonomi yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Desa itu sendiri bahkan dapat mensuplai ke desa-desa atau pun wilayah luar daerah Kabupaten Lampung Timur. Penghasilan yang sudah begitu handal dari sektor pertanian diantaranya seperti jagung, kelapa, pisang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Disektor peternakan, Desa Giri Mulyo sudah mampu memasok kebutuhan gizi dari hewani berupa sapi, kambing, ayam pedagang, dan juga ayam petelur yang sudah banyak dikembangkan usahanya oleh masyarakat secara mandiri.

Disamping ketahanan pangan dan ekonomi, Desa Tangguh Nusantara diharapkan desa yang mampu mempertahankan masyarakat desanya dari serangan wabah Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir. Tentunya tenaga medis memiliki peranan penting dalam menghadapi persoalan tersebut. Serta peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan senantiasa menjaga diri dengan mengikuti petunjuk protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dalam sambutannya Ichwanudin Kepala Desa Giri Mulyo menyampaikan, “Kami atas nama Pemerintah Desa Giri Mulyo mengucapkan banyak terima kasih atas capaian prestasi yang diperoleh Desa Giri Mulyo, baik kepada pelaku usaha, masyarakat secara luas, dan wabil khusus kepada Pengurus BUMDes Jabal Nur yang telah membawa nama Giri Mulyo ke tingkat Nasional. Dengan prestasi dan berbagai pencapaian keberhasilan, baik dibidang pembangunan maupun di bidang pemberdayaan ini merupakan gambaran pentingnya sinergitas antara kita selaku pemerintah desa dengan masyarakat”, ucap Kades.

“Ini bukanlah akhir, tetapi ini adalah perjalanan panjang untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat, apa yang kita dapatkan saat ini tentu tidak terlepas dari perjuangan pemimpin-pemimpin sebelumnya yang patut kita teladani. Mari kita pertahankan dan kita tingkatkan apa yang sudah kita capai, dan ingat Corona belum berakhir, tetap melakukan kegiatan dengan mengikuti petunjuk protokol kesehatan, jaga jarak, jaga kebersihan, serta gunakan masker”, imbuh Ichwanudin saat akan mengakhiri sambutannya.(Rj Niti)

175 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *