5 Juli 2022

Dirlantas Polda Sumut Siagakan Personel di Jalur Wisata Rawan Bencana dan Kepadatan Pengendara Menjelang Libur Panjang

Medan – Media Berantas Kriminal | Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Dirlantas Polda) Sumatera Utara(Sumut) menyiagakan personel di jalur wisata rawan bencana dan kepadatan pengendara mobil angkutan umum, mobil pribadi dan sepeda motor menjelang libur panjang 15-16 Mei 2022.

Demikian dikatakan, Direktur Lalu Lintas Polda Sumut Kombes Pol Indra Darmawan Iriyanto, Jumat (13/05/2022) malam.

“Jalur wisata yang sering dilintasi pengendara dan diprediksi padat berada di wilayah Medan-Berastagi, Sumatera Utara,” kata Kombes Indra.

Indra menyebutkan penyiagaan petugas untuk mengantisipasi jumlah kendaraan yang diperkirakan akan mengalami kepadatan di jalur Medan-Berastagi pada liburan tersebut.

Polda Sumut juga akan menyiagakan alat berat dan mobil derek guna mempercepat proses evakuasi apabila ada kendaraan yang mengalami rusak dan bencana longsor,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Sumut itu.

Sebelumnya, jalur utama Medan-Berastagi yang sebelumnya sempat terputus akibat pohon dan tiang listrik tumbang di Jalan Jamin Ginting KM 29,5 Desa Rambung Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (11/05/2022) sudah dapat dilalui.

Polrestabes Medan, Polsek Pancur Batu, warga sekitar dan dibantu alat berat Pemkot Medan, Selasa (10/05/2022) malam bekerja keras melakukan evakuasi, akhirnya berhasil membersihkan pohon yang merintang di badan jalan sehingga arus lalu lintas kembali lancar.

Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar menjelaskan, pohon tumbang disebabkan bencana angin puting beliung yang melanda Desa Rambung Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

Sonny menyebutkan, kejadian tersebut juga mengakibatkan tiang listrik ambruk dan merintangi badan jalan sehingga mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas.

“Satu unit tiang listrik yang terbuat dari beton tumbang memalang jalan lintas umum Medan-Berastagi,” ucapnya.

Reporter : Ngatenno
Editor : Hengky