Komitmen Bebas dari Halinar, Petugas dan WBP Lapas Blangkejeren Melakukan Deklarasi Menuju Zero Handphone, Pungutan Liar dan Narkoba

Aceh, Gayo Lues – Media Berantas Kriminal | Dengan penuh semangat tinggi, seluruh petugas dan warga binaan Lapas Blangkejeren melaksanakan Deklarasi Bersama Pernyataan dan Komitmen Bebas dari Halinar (Handphone, Pungli, dan Narkoba) bertempat di Halaman Dalam Lapas Blangkejeren Kanwil Kemenkumham Aceh, Kamis 23 September 2021 pukul 12.00 WIB.

Deklarasi Bersama Bebas dari Halinar dipimpin langsung oleh Kalapas Blangkejeren Bapak Hisam Wibowo, yang disaksikan langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Aceh Bapak Heri Azhari secara virtual melalui Zoom Meeting dan diikuti Seluruh Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Blangkejeren.

Kegiatan tersebut diawali dengan pelaporan oleh Kalapas kepada Kadivpas kemudian dilanjutkan dengan ikrar dan janji petugas dan warga binaan pemasyarakatan bebas HALINAR. Selanjutnya dilakukan penandatanganan pernyataan komitmen bebas dari HALINAR yang dilakukan seluruh petugas dan warga binaan pemasyrakatan dengan membubuhkan tanda tangan pada banner.

Bapak Hisam Wibowo mengatakan, tujuan dari deklarasi ini yaitu untuk meningkatkan komitmen Warga Binaan Pemasyarakatan untuk tidak memiliki, menggunakan dan mengedarkan handphone maupun narkoba di dalam Lapas Blangkejeren serta mamatuhi tata tertib yang berlaku di Lapas Blangkejeren, komitmen ini juga berlaku bagi petugas agar tidak melibatkan diri terhadap peredaran handphone, praktik pungli dan narkoba di dalam Lapas.

“Salah satu upaya yang dilakukan bebas dari HALINAR yakni peningkatan layanan video call gratis (wartelsus) bagi warga binaan jika ingin berkomunikasi dengan keluarganya.

Harapannya semoga kedepannya Lapas Blangkejeren terus bebas dari HALINAR,” tegas Kalapas Hisam Wibowo A.Md.IP. SH. MH.

Dalam amanatnya Bapak Kepala Divisi Pemasyarakatan Aceh menyampaikan “Terimakasih dan selamat atas terlaksananya Deklarasi Zero Halinar di Lapas Blangkejeren ini, semoga dapat mempertahankan komitmen ini serta bukan hanya sekedar seremonial saja kita harus berperan aktif dalam tindakan nyata pemberantasan penyalahgunaan handphone, pungutan liar dan narkoba, kemudian saya berharap dengan sudah terlaksananya deklarasi ini semoga berdampak positif kepada kita semua” tutupnya.

Reporter : Ardiyanto
Editor : Hengky

14 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *