Mengganggu Kabtimas, 3.016 Kenalpot Bising di Musnahkan Sat Lantas Polrestabes Medan

Medan | mediaberantaskriminal.com – Sat Lantas Polrestabes Medan, menindak sedikitnya 3.016 pelanggaran terhadap pengendara yang menggunakan kenalpot blong yang bukan standart pabrikan kendaraan. Hal itu dilakukan petugas kepolisian karena banyaknya persoalan dan keluhan yang diakibatkan suara kenalpot yang bising.

“Seluruh kenalpot blong yang tidak sesuai standart pabrikan ini akan kita musnahkan dengan cara digiling menggunakan alat berat,” ungkap Waka Polrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji,SIK,MH dalam konfrensi persnya di depan kantor Sat Lantas, kawasan Lapangan Merdeka Medan, Kamis (28/01/2021) siang.

Seluruh hasil sitaan, dilakukan sejak Agustus 2020 sampai Januari 2021. “Bagi pelanggar yang kita tindak, disitu juga diwajibkan mengganti kenalpotnya,” jelas AKBP Irsan Sinuhaji.

Waka Polrestabes juga mengungkapkan bahwa sebelumnya pihaknya jauh hari telah melakukan himbauan maupun sosialisasi agar pengguna jalan yakni pengendara sepeda motor maupun mobil agar tidak menggunakan kenalpot yang tidak sesuai standart bawaan pabrikan.

“Sebab, banyak sekali komplain dari masyarakat terhadap kenalpot blong yang menggangu dan banyak menimbulkan komplain. Sehingga mulai bulan Juli kemarin Kasat Lantas menertibkan gangguan kambtimas yang dibuat akibat kenalpot blong,” ungkapnya.

Atas penindakan tersebut, di tahun 2021 ini tidak ada lagi pengendara yang menggunakan kenalpot blong yang mengganggu kabtimas.

“Kita berharap di tahun 2021 ini, pengendara sudah dapat mematuhi dan menggunakan kebalpot sesuai pabrikan,” tegas Waka Polrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji,SIK,MH mengakhiri.

Pemusnahan kenalpot blong itu pun dilakukan dengan cara menggiling ribuan kenalpot hasil sitaan dengan menggunakan mobil alat berat penggiling. Pemusnahan barang bukti itu turut juga dihadiri Walikota Medan yang mewakili, Kejari Kota Medan, TNI, Kasat Lantas Polrestabes Medan, Ketua MUI Kota Medan, Ormas Masyarakat, Tokoh Masyarakat, dan lainnya.

Reporter: Edison
Editor: Hermanto

 

178 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *