Pemkab Tapsel Fokus 5 Peningkatan Pada RKPD 2022

Tapsel | MEDIABERANTASKRIMINAL.COM – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mulai menyusun Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2022. Ada 5 peningkatan yang difokuskan, kata Bupati Tapsel Dolly P. Pasaribu saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) RKPD 2022, di Sipirok, Selasa (30/03/2021).

Yakni : Pertama, peningkatan SDM yang berkualitas dengan peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan, sumber daya terampil. Kedua, Peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal yang berdaya saing.

Kemudian ketiga, pembangunan infrastruktur yang mendukung peningkatan daya saing perekonomian dan nilai tambah produk daerah,

keempat peningkatan kesiapsiagaan bencana baik bencana alam maupun non alam dan kelima peningkatan pelayanan publik yang berkualitas melalui peningkatan reformasi birokrasi.

Hanya saja mengingat situasi masa COVID-19 dimana konsisi keuangan negara tidak dalam keadaan baik-baik saja, maka dalam penyusunan RKPD, seluruh OPD maupun stakeholder yang berpartispasi dalam penyusunan RKPD, Bupati meminta.

Diantaranya, agar menelaah usulan program secara selektif dan objektif mengutamakan urgensi dan manfaat kepada masyarakat banyak, utamanya berkaitan dengan peningkatan ekonomi masyarakat akibat dampak COVID-19.

Selanjutnya, mengoptimalkan pemanfaatan Dana Desa/Kelurahan dalam pembangunan di Desa maupun Kelurahan, lalu pro aktif mencari sumber-sumber pendapatan di luar APBD kabupaten seperti APBN, APBD Propinsi, CSR dan sumber lain, serta mengesampingkan ego sektoral.

Kepala Bappeda Tapsel, Abadi Siregar dalam laporannya, mengatakan Musrembang RKPD 2022 ini merupakan amanat Undang-undang Nomor 25/2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Permendagri nomor 86/2017.

Musrembang RKPD 2022 berlangsung dua hari mulai hari Selasa dan Rabu (30-31/03/2021). Dengan nara sumber Syahrul M.Pasaribu mantan Bupati Tapsel , Kadis Permukiman Sumut,Pimpinan OPD dan Para Camat se- Kab.Tapsel.

Hadir Forkopimda yakni Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, Kajari Tapsel Ardian, Mewakili Dandim 0212/TS, Wakil Bupati Tapsel Rasyid Assaf Dongoran, Sekda Tapsel Parulian Nasution, mewakili Gubernur Sumut Kadispora Sumut Ardannur, OPD, Camat, PKK, MUI, Pemuda dan peserta Musrembang RKPD lainnya.

Reporter: Parlaungan Hasibuan
Editor: Hermanto

 

49 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *