PT. Sari Lembah Subur Gelar Kegiatan Apel Cegah Karhutla

MEDIABERANTASKRIMINAL.COM, PELALAWAN | PT. Sari Lembah Subur (SLS) menggelar kegiatan apel siaga dalam hal pencegahan betapa berbahayanya akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), di halaman kantor kebunnya. Perusahaaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit di kabupaten pelalawan itu melaksanakan kegiatan perusahaan bersama dengan pihak kepolisian Polres Pelalawan dan jajaran, Rabu (15/07/2020).

Kapolres Pelalawan AKBP Indra Widjatmiko, S.Ik mengatakan, bahwa dalam masa iklim musim kemarau, tidak bisa lepas dari kebakaran atau karhutla. Polres Pelalawan dan jajaran bersama-sama dengan peserta apel untuk tetap menjaga langit pelalawan tetap biru. Lanjutnya tahun ini kita semaksimal mungkin akan membuktikan kepada dunia bahwa kita telah mempersiapkan segala sesuatu untuk penanggulangan kebakaran lahan dan itu merupakan punya komitment kita bersama,” tegasnya.

Komitment itu juga disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan. Dimana dari Dinas BPBD kabupaten pelalawan dalam gelar apel itu diwakili oleh Kabid KL, Ahmadi, mendukung sepenuhnya komitmen untuk tidak adanya kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan adanya pencemaran Lingkungan di Kabupaten Pelalawan.

Pemerintah kabupaten pelalawan melalui BPBD sangat mengapresiasi PT. SLS yang tanggap dalam mengkoordinir tenaga internal PT. SLS, masyarakat, TNI-Polri, dan pemerintah daerah dalam rangka penanggulangan karhutla,” jelasnya.

Dalam acara Apel Siaga itu, PT. SLS menyerahkan bantuan dua unit ministriker kepada Polsek Kerumutan dan Polsek Pangkalan Lesung untuk mendukung penanganan karhutla. Dimana PT. SLS berkomitment untuk tidak setengah hati dalam mendukung target pemerintah, yaitu tidak ada lagi kebakaran hutan dan lahan. Oleh karena nya, kami mempersiapkan segala sesuatu untuk dapat merealisasikan target tersebut, jelas Community Development Officer (CDO) PT. SLS, Setyo Budi
Utomo.

PT. SLS kata Budi telah memiliki sistem manajemen pencegahan kebakaran hutan dan lahan, bertujuan untuk tidak terjadi kebakaran lahan, baik di area perusahaan maupun lahan milik masyarakat sekitar PT SLS.

Dalam mendukung berjalannya sistem untuk pencegahan, PT. SLS memiliki organisasi yang kuat dengan program-program pelatihan yang handal, profesional, simulasi, dan sosialisasi. Seluruh personel selalu dalam kondisi siap dalam menghadapi karhutla jelas Budi. Pihaknya sudah melakukan proses identifikasi area berbahaya, dimana yang berpotensi untuk terjadinya kebakaran.

Perusahaan juga mengembangkan early warning system, memungkinkan Tim yang terlatih reaksi yang cepat jika terdapat tanda-tanda awal. Jika terjadi kebakaran, Tim Reaksi Cepat dapat lebih awal sampai ke lokasi dengan dukungan peralatan mobile dan compact. Selain dengan didukung kendaraan pemadam kebakaran yang besar.

Budi mengatakan kalau kami PT. SLS sudah memiliki peralatan pemadam kebakaran yang portable sehingga bisa masuk ke lokasi lebih cepat dan lebih dalam terlebih dahulu terangnya.

Namun menurut PT. SLS tidak bisa melakukan pencegahan maupun penanggulangan kebakaran jika tidak bersinergi dengan seluruh stakeholder, bersama dengan masyarakat.

PT. SLS mengembangkan Masyarakat Peduli Api (MPA), juga menjadi garda terdepan dalam penanggulangan serta pencegahan kebarkaran. Kami juga bermitra dengan Desa Sejahtera Bebas Api,” jelas Budi.

Dalam gelar apel tersebut, hadir juga Camat Pangkalan Lesung H. Adnan, SH, Sekcam Kecamatan Kerumutan, Kapolsek Kerumutan, Kapolsek Pangkalan Lesung, Danramil Pangkalan Kuras, Danramil Kuala Kampar, Dansat Manggala Agni Rengat, juga mahasiswa Pangkalan Kerinci untuk memperkenalkan proses penanganan karhutla, dalam pelaksanaan pemadaman karhutla bukan perkara gampang, disini dperlukan kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat.

Reporter: Dau/Sur
Media Berantas Kriminal

22 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *