5 Juli 2022

Wali Nagari Balimbiang Menggelar Sosialisasi Pemutakhiran Objek PBB, Dengan Pemutakhiran Objek PBB Masyarakat Lega

Tanah Datar – Media Berantas Kriminal | Wali Nagari Balimbiang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat, mengadakan Sosialisasi Pemutakhiran Objek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pada Hari Kamis (02/06/2022).

Acara ini dihadiri oleh Camat Rambatan diwakili oleh Dayantos,S.ST Kasubag Umum dan Kepegawaian Kantor Camat Rambatan, Hendrayanto, SE dari Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tanah Datar, Wali Nagari Balimbiang Datuk Bagindo Basa diwakili Sekretarisnya Yasripen,S.Ag, Ketua BPRN (Badan Permusyawatan Rakyat Nagari) dan Ketua KAN (Kerapatan Adat Nagari) Cadiak – Pandai, tokoh masyarakat, Bundo Kanduang dan Perangkat Nagari itu sendiri.

Acara sosialisasi Pemutakhiran ini dimulai pukul 09.00 Wib dan berakhir pukul 12.00 Wib yang bertempat di Aula Kantor Wali Nagari, peserta yang hadir lebih kurang seratus orang. Dari peserta yang hadir diberikan snack dan makan siang.

Tidak hadirnya Wali Nagari dalam acara sosialisasi ini, karena adanya gangguan kesehatan terhadap diri beliau,” ungkap sekretarisnya. Walaupun demikian, acara tetap kita laksanakan sesuai dengan jadwal.

Karena ini menyangkut kepentingan masyarakat Balimbiang dan kita doakan semoga Wali Nagari kita, cepat sembuh,” harapnya.

Tujuan diadakannya sosialisasi pemutakhiran objek pajak bumi dan bangunan agar masyarakat paham dan mengerti dengan masalah perpajakan serta meluruskan kembali dalam SPPT PBB Objek wajib pajak yang selama ini adanya kesalahan atau tidak akurat datanya, sehingga menghambat terhadap pencapaian target perpajakan di negeri Balimbiang.

Ketidak akuratnya data tersebut adanya kesalahan SPPT PBB wajib pajak yang tidak sesuai dengan nama, bahkan suku, ada yang sudah pindah ke pemilikan. Sementara SPPT PBB masih si pemilik awal, dan si pemilik yang baru tidak mempunyai SPPT PBB.

Dengan adanya pemutakhiran PBB ini akan meningkatkan pendapatan pajak, untuk daerah Balimbiang dan sekaligus untuk keakuratan data kepemilikan lahan dan keakuratan data SPPT PBB ulas YASRIPEN, S.Ag, Sekretaris Wali Nagari Balimbiang.

Reporter : Eri Fresman
Editor : Hengky