Akta Kematian, Saat Ini Sudah Dapat di Proses di Seluruh Kecamatan yang Ada di Setiap Kabupaten/Kota

Langkat | MEDIABERANTASKRIMINAL.COM – Warga yang akan lakukan pembuatan akta kematian, kini sudah tidak lagi harus berurusan ke Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) Kabupaten Langkat, namun sudah dapat diproses disetiap kantor Kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri, Nomor 472 .12/2701/DUKCAPIL/2016,tentang Peningkatan Pencatatan Peristiwa Kematian dan Surat Edaran Bupati Langkat Nomor 472.12-1031/dukcapil/2021 tentang Pemutakhiran Database Kependudukan berbasis pelayanan melalui penerbitan akta kematian.

Bupati Langkat, Terbit Rencana PA melalui Kadis Dukcapil Kabupaten langkat, Faizal Rizal Matondang S.Sos M. AP menyampaikan hak ini kepada awak media di Stabat, Rabu (16/06/2021).

Penyerahan akta kematian yang dilakukan di Kecamatan Sei Lepan, kepada keluarga Charles Situmorang yang merupakan warga Desa Harapan Makmur.

Akta kematian, secara umum bermanfaat selain pembuktian kematian secara hukum, juga berguna untuk mendapatkan fasilitas pelayanan publik yang berhubungan dengan Asuransi dan Perbankan.

Charles Situmorang, sebelumnya telah melaporkan peristiwa kematian istrinya, yang bernama Sediana Br. Siregar melalui perangkat desa yang selanjutnya diteruskan kepada Koordinator Dinas Dukcapil Kecamatan Sei. Lepan, untuk di verifikasi di Disdukcapil Kaupaten Langkat.

Akta kematian itu disampaikan oleh Sekretaris Dinas Dukcapil kabupaten Langkat, Sri Yunita Br Sitepu SE dan Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Dafiq Roniya Tarigan SE M. AP.

Camat Sei Lepan M Iqbal Ramadhan SE, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Langkat, dan menghimbau kepada masyarakat Kecamatan Sei. Lepan untuk dapat melaporkan peristiwa kematian kepada perangkat Desa dan Kelurahan, untuk mendapatkan akta kematian.

Bagi warga yang akan lakukan pembuatan akta kematian, kini sudah tidak lagi harus berurusan ke Pemerintahan Kabupaten, namun kini sudah dapat diproses di setiap kantor kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat.

Kepala Desa Harapan Makmur, Wahono Iskandar mengatakan,Program Pencetakan Akta Kematian di Kecamatan, sangatlah membantu masyarakat, terutama bagi masyarakat desa yang tempat domisilinya, jarak tempuhnya jauh dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Langkat.

Reporter: Rose/Udin
Editor: Hengky

 

31 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *