Antisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla), Dimusim Kemarau Pemdes Titi Akar Sukarto Ingatkan Warga Dusun Hutan Samak

Bengkalis | mediaberantaskriminal.com – Pemerintah Desa Titi Akar (Pemdes) Menerbitkan Surat Edaran Atau Pengumuman Kepada Seluruh Masayrakat Desa Titi Akar Yang Terdiri dari 4 Dusun dan 9 Ketua Rw serta 19 Ketua Rt Sedesa Titi Akar Dalam Surat Tersebut Berisikan Tentang Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Terutama di dusun Hutan Samak Desa Titi Akar.

“Beberapa Tahun Yang Lalu Merupakan Wilayah Rawan Kebakaran, Mengingat Beberapa bulan ini cuaca cukup panas dan Tidak Pernah hujan maka Dikebun dan Semak Belukar Tentu Rumput dan Kayu Mudah Mati dan Cepat Kering Sehingga Terkena Api aja Akan Mudah Terbakar.

Ketika Ditemui Mediaberantaskriminal.com Sabtu, (20/02-2021) Pemerintah Desa Titi Akar (Pemdes), Sukarto Menyampaikan Kepada Seluruh Pemilik Kebun Sawit dan Kebun Karet Serta Kebun Lainnya,” Apa Bila Sedang Mengambil Hasil Kebun Tolong Ingatkan Para Pekerja Untuk Hati-Hati, Kalau Merokok Sebab Sisa Puntung Rokok,” Dengan Keringnya Sampah Daun Kayu Yang Mati Sehinga Mudah Terbakar, Untuk itu Mari Sama-Sama Kita Menjaga dan Mencegah Agar Tidak Terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan,” Ucapnya.

Bhabinkamtibmas Desa Titi Akar, “Bapak Bayan Naingolan, Juga Menyampaikan Secara Langsung Kepada Masayrakat Agar Hati-Hati dan Selalu waspada Dalam Menjaga Kebun Mereka Karena Musim Panas,” Sehingga Jika Terjadi Kebakaran Akan Tersandung Hukum, Jadi Sebelum Terjadi Ada Baiknya Kita Sama-Sama Waspada Dalam Bekerja,” Demi Kebaikkan Kita Bersama,” Ingatnya.

Babinsa Titi Akar Novriandi Juga Langsung Turun Keberapa Dusun Menemui Masayrakat Desa Titi Akar,” Beliau Ikut Menyampaikan Bahaya Kebakaran lahan dan Hutan Akan Merugikan Diri Kita Sendiri Dan Orang Lain,” Saya Berharap Masayrakat Tetap Menjaga Agar Tidak Terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan, Namun Demikian Dipos Sudah Kami Siapkan Mesin dan Alat pemadan Api,” Harapnya.

Camat Rupat Utara Bapak Agus Sofyan S. STP. MPA, Menghimbau Kepada Seluruh Masayrakat Rupat Utara Khususnya Desa Titi Akar,” Mari Kita Jaga Kebun Kita Masing-Masing Agar Tidak Terjadi Kebakaran, Sehingga Tidak merugikan banyak pihak Termsuk Mereka Yang Membakar Akan Tesandung Dalam Hukum Jadi,” Lebih Baik Mencegah Kebakaran Dari Pada Memadam Api, Titik Api Seperti Tahun Lalu Yang Cukup Luar Biasa Kita Kewalahan Untuk Mencari Sumber Air Karena Musim Kemarau,” Lanjutnya.

Agus Sofyan, S. STP. M.PA Selaku Camat Rupat Utara,” Berterima Kasih Yang Sebesar-Besarnya Dengan Bapak Kapolda Riau, Yang Tahun Lalu Telah Meminta Pihak PT. SRL Mengali Parit Atau Embung Disepanjang Lokasi Kebakaran Didusun Hutan Samak Desa Titi Akar, Kecamatan Rupat Utara, Sehingga Sampai Saat ini Sumber Air Masih Banyak, Informasi Sumber Air Banyak Diembung Tersebut,” Berdasarkan Informasi Dari kepala Desa Titi akar sukarto dan Saya Terus Memantau Kondisi Setiap Desa, Melalui Kepala desa Masing-Masing kita berharap tahun ini Dalam Kondisi Kemarau dan Panas Terik Yang Cukup Luar Biasa Semoga Atas Kesadaran Semua Masayrakat Yang Saling Menjaga,” Sehingga Kecamatan Rupat Utara Tidak Lagi Terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan,” Pungkasnya.

Reporter: M. Aritonang
Editor: Hermanto

71 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *