Bupati Batu Bara dan Kapolres Panen Padi Perdana dengan Inovasi Teknologi Wood Vinegar (Asap Cair) di Desa Tg Muda Air Putih

MEDIABERANTASKRIMINAL.COM, BATU BARA | Pemerintahan Daerah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Pertanian Bekerjasama dengan UKM Arang Binaan PT. KIM (Persero) dan Polres Batu Bara melaksanakan Panen Padi Perdana dengan Inovasi Teknologi Wood Vinegar (Asap Cair) di Dusun 1 Desa Tanjung Muda Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Kamis (16/07/2020) sekira pukul 14.00 Wib.

Tampak hadir Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir M.Ap dan Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis SH, MH langsung melakukan potong padi.

Serta turut hadiri juga Kepala Dinas Pertanian Batu Bara M. Ridwan SP. M. AGRiC. Sc, PLT Direktur Utama PT. KIM (Persero) Adler Manarissan Siahaan, Pemilik UKM Arang Binaan PT. KIM Riduwan, Camat Air Putih Rahmad Khaidir Lubis, Kapolsek Indrapura AKP Sandi SH, Kepala Desa Tanjung Muda Khazeli Sugiono, Bhabinkamtibmas, Babinsa, PPL Desa, dan Ratusan Petani di desa itu.

Terkait hal itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Batu Bara M. Ridwan SP. M. AGRiC. Sc menjelaskan bahwa tujuan Inovasi Teknologi Wood Vinegar adalah untuk meningkatkan hasil produksi padi 30-40 persen per HA.

Lahan pertanian Batu Bara semakin berkurang maka perlu dilakukan intensifikasi atau peningkatan produksi pertanian melalui Inovasi Teknologi Wood Vinegar (Asap Cair) yang merupakan pupuk cair organik yang mempunyai dua fungsi sekaligus sebagai pupuk yang menyuburkan tanaman dan sebagai insektisida nabati yang ramah lingkungan.

Wood Vinegar adalah salah satu upaya menanggulangi keterbatasan pupuk subsidi dan memperbaiki struktur fisik dan kimia tanah yang sudah semakin krisis akibat penggunaan pupuk kimia secara terus menerus.

Selanjutnya pada kesempatan itu Kepala Desa Tanjung Muda Khazeli Sugiono menyampaikan terimah kasih kepada Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.Ap dan Kapolres Batu Bara, AKBP Ikhwan Lubis, SH MH yang sudah terjun langsung ke wilayah persawahan dusun 1 Tanjung Muda.

“Atas nama Pemerintahan Desa Tanjung Muda menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pak Bupati dan Kapolres serta instansi lainya dalam pelaksanaan kegiatan ini yang merupakan kebanggaan secara khusus bagi masyarakat Tanjung Muda dalam peningkatan produksi gabah padi”, Ucap Kades Khazeli Sugiono kepada awak media.

Reporter: Sultan Aminuddin
Media Berantas Kriminal

28 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *