Drs. Amir Hamzah MAP Resmi Menjadi Wakil Walikota Binjai

Binjai | mediaberantaskriminal.com – Drs. Amir Hamzah. MAP, resmi di lantik Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi sebagai Wakil Walikota Kota Binjai priode 2021-2024.

Pelantikan serentak para kepala daerah se Sumatera Utara hasil pilkada serentak 2020 itu, di laksanakan di aula Tengku Rizal Nurdin, pada Jumat (26/02/2021).

Drs. Amir Hamzah, yang pada pilkada kota Binjai lalu berpasangan dengan Walikota terpilih H. Juliandi. Spd. MM. Dilantik seorang diri, ini di karenakan Sang Walikota pemenang meninggal dunia pada Selasa (09/02/2021), lalu.

Terkait masalah kepemimpinan pemerintahan di Kota Binjai, Pelaksana Tugas Ketua KPU Ilham Saputra mengatakan “Untuk wakilnya, nantinya akan di ajukan DPRD Kabupaten/Kota kepada Menteri Dalam Negri, ini setelah ada kordinasi dan rembukan antara partai partai pengusung pemenang pilkada lalu. Mekanisme ini tertuang dalam pasal 137 ayat (1) undang undang nomor 10 tahun 2016 tentang pilkada”.

“Pasal 173 ayat (1) tersebut mengatur dalam hal Gubernur, Bupati,dan Walikota berhenti, karena meninggal dunia, permintaan sendiri, ataupun diberhentikan.

Maka Wakil menggantikan Gubernur, Bupati, dan Walikota,” tandas Ilham Saputra.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Binjai, M. Mahfullah P. Daulay. S. STP, M. AP, bersama unsur Forkopimda Kota Binjai, SKPD Kota Binjai, dan juga OPD Pemerintahan Kota Binjai, menyaksikan acara pelantikan tersebut secara virtual, di aula Pemko Kota Binjai.

Reporter: Iyan
Editor: Hermanto

138 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *