Kampung Bukit Tempurung Laksanakan Pelatihan Tupoksi Aparatur

Aceh Tamiang | mediaberantaskriminal.com – Pemerintahan Kampung Bukit Tempurung laksanakan pelatihan bagi Aparatur Pemerintahannya, kegiatan dilaksanakan di Aula Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Maju Bersama, Sabtu (21/11/2020).

Ismail Datok Penghulu (Kepala Desa) Kampung Bukit Tempurung dalam sambutannya mengatakan, terkait terjadinya wabah corona, maka kegiatan pelatihan yang seyogyanya dilaksanakan diawal, namun akhirnya dilakukan diakhir,” jelasnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan sumber Angggaran Dana Desa (ADD), dengan harapan semoga aparatur Kampung Bukit Tempurung dapat memahami tupoksinya,”ungkap Datok.

Kesempatan selanjutnya Sekretaris Kecamatan (Sekcam) M. Yasir yang juga selaku pemateri menyampaikan, Kecamatan merupakan bagian dari koordinator dan fasilitator bagi Pemerintahan Kampung,” terangnya.

“Aparatur kampung harus memahami Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi), diantaranya mempunyai gambaran mengenai pekerjaan serta tanggungjawabnya, mengerti tentang pembagian kewenangan, selanjutnya sebagai sarana evaluasi.

Yasir menambahkan, banyak yang terjadi pada saat ini, bahwa aparatur Kampung tidak paham akan tugas serta fungsinya dan hal ini sering membuat terjadinya kesalahpahaman,” ungkapnya.

Kesempatan selanjutnya, Aidil dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Keluarga Berencana (DPMK PP KB) Kabupaten Aceh Tamiang menyampaikan, saat ini Desa telah diberikan kewenangan melalui Undang-Undang nomor : 6 tahun 2014 tentang Desa dan hal ini menjadi acuan dalam penyelenggaraan Pemerintahan nya,” jelasnya.

“Permendagri nomor : 83 tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, Permendagri nomor : 84 tahun 2015 tentang susunan organisasi dan tata kerja Pemerintah Desa, Peraturan Bupati Aceh Tamiang nomor : 31 tahun 2018 tentang susunan organisasi tata kerja Pemerintah Kampung, Peraturan Bupati Aceh Tamiang nomor : 33 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Kampung, juga merupakan bagian dari acuan tambahan untuk penyelenggaraan Pemerintahan Kampung.

Aidil menambahkan, dengan adanya acuan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Kampung, maka diharapkan semua aparatur Kampung bisa menjalankan tupoksinya,” tegasnya.

Usai penyampaian beberapa materi pelatihan, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab, selanjutnya acara diakhiri dengan makan siang bersama.

Hadir sebagai peserta pelatihan para Kepala Dusun, PKK, Lembaga Ketahanan Masyarakat Kampung (LKMK), Majelis Duduk Setikar Kampung (MDSK), Sekdes, para Kaur Kampung, Kasie Kampung, Kader Posyandu, Imam dan turut hadir Bhabinsa, Bhabin Kamtibmas serta tamu undangan lainnya.

Reporter: Fendi/Zoel
Editor: Hermanto

 

84 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *