Para Tokoh dan Sesepuh Adat Hadiri Sarasehan Budaya Pakpak

MEDIABERANTASKRIMINAL.COM, PAKPAK BHARAT | Sejumlah tokoh dan sesepuh adat dan budaya suku Pakpak menghadiriri acara sarasehan pada kegiatan pelestarian dan aktualisasi adat budaya daerah suku Pakpak.

Acara sarasehan dimaksud bertempat di gedung (bale) sada arih sindeka salak komplek perkantoran Pemkab Pakpak Bharat Jum’at 24 Juli 2020.

Kepala dinas pariwisata Bambang Sunariyo Banurea dalam laporanya selaku leading sector penyelenggara kegiatan mengatakan acara sarasehan tersebut melibatkan peserta para tokoh adat budaya dari seluruh penjuru desa dan utusan dari masing-masing organisasi masyarakat (ormas) se-Kabupaten Pakpak Bharat dan dihadiri Komisi III (tiga) DPRD Kabupaten Pakpak Bharat.

Acara dimaksud menghadirkan tiga orang narasumber tokoh adat budaya Pakpak yakni Bapak Erah Banurea SE selaku narasumber tentang paparan tata cara dan corak pakayan adat Pakpak, dan Bapak Mansehat Manik, S.Pd, M,Pd selaku narasumber tentang paparan “Sulang Silima” adat budaya suku Pakpak, sedangkan Bapak Pandapotan Solin bertindak selaku narasumber yang membidangi paparan tentang tipe dan jenis rumah adat suku Pakpak.

Kegiatan sarasehan ini juga merupakan sebagai implementasi peraturan daerah (perda) nomor 3 tahun 2013 dan nomor 4 tahun 2014,” ujar Bambang Sunariyo Banurea.

Acara sarasehan bertempat di gedung (bale) sada arih sindeka salak komplek perkantoran Pemkab Pakpak Bharat Jum’at 24 Juli 2020.

 

Sementara Pj Bupati H. Asren Nasution dalam sambutanya merasa bangga karena pada acara sarasehan hari ini, saya bisa bertatap muka secara langsung dengan para tokoh adat sesepuh Pakpak.

Dengan peran serta para tokoh adat budaya Pakpak sangatlah penting dalam memperkenalkan suatu daerahnya di mata luar manca negara. Peran tokoh tak terlepas pula suatu dinamika pembangunan suatu bangsa khususnya dalam bergandengan tangan bersatu padu guna untuk mendukung proses pembangunan secara berkesinanbungan di Kabupaten Pakpak Bharat yang kita cintai ini.

Melalui sarasehan ini mari kita ikuti bersama sebagai wadah bertukar pikiran tempat kita sering bersama antara satu dengan yang lain dalam menambah ilmu dan pengetahuan tentang adat istiadat budaya suku pakpak,” ujar Pj Bupati seraya memuji dan menyatakan kalau salah satu makanan tradisi suku Pakpak yakni “PELLENG SI CINA MBARA” sudah masuk sampai ke manca negara.

ungkapan Pj Bupati itu langsung disambut tepuk tangan yang meriah oleh para peserta.

Pantauan awak media ini dalam acara sarasehan tersebut berlangsung dengan khidmat penuh dengan adab budaya santun oleh para tokoh adat peserta sarasehan.

Reporter: Alferin Padang
Media Berantas Kriminal

89 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *