Penjabat Bupati Pakpak Bharat Kunjungi Situs Budaya Pakpak

Pakpak Bharat | mediaberantaskriminal.com – Disela kesibukannya sebagai Penjabat Bupati dan seorang Pejabat Tinggi Pratama di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Penjabat Bupati Pakpak Bharat Dr. Kaiman TurniP menyempatkan diri mengunjungi beberapa situs peninggalan budaya dan sejarah suku Pakpak di Desa Ulumerah dan Pardomuan, Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu. Kaiman Turnip juga mengajak Kepala Dinas Pariwisata Drs.Bambang Sunarjo Banurea, MM dalam kunjungan ini.

Kaiman Turnip mengatakan niatnya untuk menjadikan situs budaya berupa Mejan Marga Berutu yang ada di dua desa ini sebagai salah satu tujuan dan destinasi wisata baru. Situs budaya bernilai budaya dan sejarah tinggi ini layak dijadikan sebagai objek kunjungan wisata yang kelak diharapkan dapat menjadi nilai tambah dan menjadi sumber ekonomi baru khusunya bagi warga sekitar.

“Kita akan upayakan terus untuk mempromosikan situs budaya ini supaya lebih dikenal di dunia luar, dengan begitu nantinya tentu akan menarik minat orang berkunjung ke sini, baik yang ingin melakukan penelitian ataupun hanya sekedar menyaksikan dari dekat situs purbakala ini,” ungkap Kaiman Turnip di lokasi situs.

Dia juga berpesan supaya situs langka ini dijaga dan dirawat dengan baik. “Jangan sampai kelak anak cucu kita tidak bisa lagi menyaksikan benda-benda peninggalan nenek moyang kita yang susah payah membangunnya dahulu, banyak benda serupa khususnya di Sumatera Utara ini yang sekarang ini tidak lagi diketahui dimana adanya, ini akibat ulah dari orang yang tidak bertanggung jawab, jangan sampai hal demikian terjadi dengan situs budaya ini,” harapnya menambahkan.

Kepala Dinas Pariwisata Bambang Banurea sendiri manyampaikan bahwa pihaknya saat ini sedang mengupayakan supaya mejan sebagai simbol marga yang ada di Suku Pakpak ini diakui sebagai warisan budaya salah satunya dengan mendaftarkan mejan sebagai salah satu warisan budaya Terpopuler tahun 2018 diajang Anugerah Pesona Indonesia.

Reporter: Alferin Padang
Editor: Hermanto

27 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *