Telap Uang 10 Nasabah, Oknum Karyawan SJS di Polisikan

Rohil | mediaberantaskriminal.com – Oknum Karyawan Unit Simpan Pinjam Swamitra Jasa Sarana (SJS) inisial BST (41) Warga bagan batu diringkus tim 0psnal Polsek BaganSinembah diduga telah melakukan kasus tindak pidana kasus penggelapan terhadap Nasabah (Debitur).

Berdasarkan data yang dirangkum, Sabtu (13/03/2021) menyebutkan peristiwa itu diketahui korban, yang bernama Nikmat Arianto (50) pada Selasa 27 Oktober 2020 yang lalu.

Dimana sekira pukul 10.00 Wib, datang seorang Debitur (Nasabah) ke kantor SJS dengan maksud ingin mengambil Agunan Surat Tanah yang dijaminkannya dikantor SJS tersebut,

Namun saat dicek oleh korban, pihak kantor (SJS ) mengatakan bahwa korban belum melunasi kewajibannya , hal itulah terungkap, bahwa angsuran yang korban bayar selama ini diduga telah ditelap oleh pelaku, rasa ketidak puasan korban dengan hal ini, korban memperlihatkan seluruh bukti kwitansi pembayaran angsuran yang disetorkan kepada pelaku.

Merasa korban dirugikan, ia meminta kepada pihak (SJS) untuk mengadakan rapat internal, guna membahas permasalahan nasabah mereka.

dengan cara mengumpulkan beberapa karyawan yang bertugas sebagai kolektor (penagih), dari hasil rapat tersebut diketahui bahwa angsuran yang ia berikan selama ini, tidak disetorkan oleh pelaku, kuat dugaan angsuran korban tidak disetorkan ke kantor.

kemudian pihak kantorpun membuat surat pernyataan pada pelaku, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, dengan mengembalikan seluruh uang korban yang telah disetorkan padanya.

Selanjutnya, dalam rapat tersebut, kroscek pembahasan, terungkap lah bahwa ada 10 Orang nasabah yang angsurannya ditelap atau tidak disetorkan oleh pelaku ke kantor, dan pelaku juga menggunakan kwitansi yang bukan resmi dari kantor, untuk mengelabui Debitur, seolah olah kwitansi tersebut resmi dari kantor.

Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto SH Sik melalui Kasubbag Humas AKP Juliandi SH membenarkan peristiwa tersebut.

Atas perbuatan pelaku pihak kantor (SJS ) setelah dilakukan penghitungan mengalami kerugian Pokok sebesar Rp. 75.610.000 (tujuh puluh lima juta enam ratus sepuluh ribu rupiah),” ungkapnya.

Dan selanjutnya korban melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Bagan Sinembah, guna proses lebih lanjut.

Mendapat laporan dari pihak korban tentang penggelapan tersebut, Unit Reskrim Polsek Bagan Sinembah melakukan penyelidikan dan melakukan pemeriksaan terhadap pihak (SJS) Bagan Batu dan Semua Nasabah yang diduga telah digelapkan oleh 0knum karyawan SJS tersebut.

Kini terhadap 0knum karyawan SJS yang bernama Bastian pelaku penggelapan terhadapan 10 Orang Nasabah SJS telah dilakukan penangkapan saat berada dirumahnya, oleh unit Reskrim Polsek BaganSinembah, Kamis (11/03/2021) sekira pukul 19.00 Wib, kemarin. guna proses lebih lanjud,” pungkas Juliandi.

Reporter: Tr.001
Editor: Hermanto

112 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *