5 Juli 2022

Tim Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Deli Serdang Hadir di Desa Manunggal

Deli Serdang – Media Berantas Kriminal | Kehadiran tim penilaian lomba Desa tingkat Kabupaten Deli Serdang diterima baik oleh Camat Labuhan Deli, Eddy Saputra Siregar, SSTP, M.AP, dan kepala Desa Manunggal, Mukhlisin tepatnya di Aula Kantor Desa Manunggal, Senin (06/06/2022).

Dalam acara penilaian lomba Desa terbaik tak luput dengan menjalankan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, membasuh tangan hingga menjaga jarak, serta diawali dengan pembacaan do’a, menyanyikan lagu Indonesia raya dan dilanjutkan dengan adanya pertunjukan seni tari yang di bawahkan oleh remaja putri di Desa Manunggal.

Melalui Camat Labuhan Deli, Eddy Saputra Siregar, SSTP, M.AP, menjelaskan kinerja yang telah dijalankan oleh kepala Desa Manunggal, Mukhlisin yang sudah menjabat 2 periode dan terpilih lagi untuk mengemban amanat jabatannya, pihak Pemerintah Desa dengan masyarakatnya menjalin kerjasama, kekompakan yang sangat luar biasa dengan baik, saling mengemban dan tolong menolong untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, terutama untuk peningkatan kualitas hidup, penanggulangan kemiskinan, dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Camat.

Kepala Desa Manunggal, Mukhlisin.

Kepala Desa Manunggal, Mukhlisin menjelaskan “Seperti halnya yang belakangan menimpa bangsa Indonesia memberikan dampak pada segenap elemen bangsa, untuk mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Covid-19, di Desa Manunggal menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Desa, pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu di Desa Manunggal yang bersumber dari Dana Desa untuk mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Covid-19,” ucap Kades.

“Segala cobaaan apapun yang dapat dilalui dengan baik, Oleh karena itu, untuk bangkit dari musibah dan krisis global tersebut, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan keimanan dan mempererat tali persatuan dan kesatuan,” tegas Mukhlisin.

Pengelolaan Dana Desa diprioritaskan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa Manunggal, terutama untuk peningkatan kualitas hidup, penanggulangan kemiskinan, dan kesejahteraan masyarakat.

Pengembangan masyarakat mengandung upaya untuk meningkatkan partisipasi dan rasa terhadap program yang dilaksanakan, dan harus mengandung unsur pemberdayaan masyarakat.

Pemberdayaan menunjuk pada kemampuan orang, khususnya kelompok perempuan. Pengelolaan dana desa merupakan suatu pertangungjawaban pemerintah untuk melaporkan dan menyajikan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan kepada masyarakat.

Pertanggungjawaban tersebut dilakukan agar pemerintah dapat transparan dengan komitmen yang telah terbentuk dalam pelaksanaannya. Adapun salah satu sasaran praktik pengembangan masyarakat melalui pengelolaan dana adalah untuk Pemberdayaan Masyarakat, diantaranya Pemberdayaan Sumber Daya manusia, Pemberdayaan Ekonomi Kelompok Perempuan, Pembangunan Infrastruktur dan dibidang Kesehatan,” jelas Kepala Desa Manunggal, Mukhlisin mengakhiri wawancaranya kepada Media Berantas Kriminal.

Reporter : Ngatenno
Editor : Heri Kurniawan