Tokoh Sesepuh Adat Marga Berutu Membulang bulangi Balon Bupati Pakpak Bharat, Frand Benhard Tumanggor – Dr. Mutsyuhito Solin MPd

MEDIABERANTASKRIMINAL.COM, PAKPAK BHARAT | Sejumlah tokoh sesepuh adat Marga Berutu, beru, bere dan ibeberena serta para warga desa se Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu sangat antusias dalam menyambut kehadiran rombongan keluarga besar Balon Bupati – Wakil Bupati Pakpak Pharat periode 2020-2025, Frand Benhard Tumanggor dan Dr. Mutsyuhito Solin MPd.

Acara bertempat di rumah tokoh adat Marga Berutu, Tamen Berutu (Poli Yanti Berutu) Desa Ulumerah Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu, Sabtu 08 Agustus 2020.

Sebelumnya kehadiran para rombongan keluarga Balon Bupati-Wakil Bupati Pakpak Bharat itu disambut dengan Beras Pihir sebuah acara prosesi penyambutan tamu (raja) dalam adat suku Pakpak, selanjutnya para tokoh Marga Berutu menyuguhkan makanan tradisi suku Pakpak PELLENG SI CINA MBARA kepada ke dua pasangan Balon Bupati-Wakil Bupati beserta keluarganya.

Serta para Tokoh Marga Berutu menyematkan sebuah pakaiyan lengkap adat suku Pakpak kepada kedua pasangan Balon Bupati-Wakil Bupati serta masing-masing orang tuanya.

Dalam acara itu, Ringgas Berutu atau yang lajim di juluki warga pa dunia adalah salah satu tokoh sesepuh adat Marga Berutu dari Desa Laelangge Namuseng yang dianggap sangat berpengaruh dalam mngambil sebuah keputusan yang positif di Kabupaten Pakpak Bharat, beliau dengan tegas menyatakan “bahwa prosesesi sebuah acara adat suku kita Pakpak dalam rangka pembulangbulangan (pemberkatan sebuah acara menuju suatu kerajaan), yakni kedua pasangan Balon Bupati/Wakil Bupati Pakpak Bharat periode 2020 -2025, bung Franc Benhard tumanggor/Dr. Mutsyuhito Solin MPd yang akan di gelar pada bulan Desember 2020 mendatang adalah sebagai wujud dukungan kami para Marga Berutu bere ibeberena dalam tahapan pemilihan kepala dan wakil kepala daerah pada pilkada mendatang.

Untuk itu mari kita semuanya warga Pakpak Bharat sama-sama ber Do’a dan berupaya bersatu kita untuk maju untuk menghantarkan Balon Bupati/Wakil Bupati kita ini pada dDesember mendatang,” pinta Bapak Ringgas Berutu.

Hal senada juga diutararakan tokoh Marga Berutu Bapak Tamen Berutu (mpung yanti Berutu), O Berutu, Aljiner Berutu, A Berutu, M Berutu, K Berutu, E Berutu, Sempat Berutu dan sejumlah perwakilan tokoh Marga Berutu dari Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe.

Turut hadir dalam acara itu perwakilan tokoh Marga Berutu dari luar daerah di antaranya Drs. Jusen Berutu, MD Berutu, S Berutu, T Berutu dan Marga di luar Marga Berutu.

Pada kesempatan itu keluarga besar kedua Balon Bupati/Wakil Bupati Pakpak Bharat itu mengucapkan terima kasih kepada semua warga Pakpak Bharat atas sambutanya, terkhusus pada acara kali ini kepada para tokoh Marga Berutu, Berru Bere Ibeberena yang telah membulangbulangi kami keluarga kedua belah pihak Balon Bupati/Wakil Bupati Pakpak Bharat Desember mendatang.

Semoga apa yang kita cita-citakan bersama dalam menuju Pakpak Bharat yang sejahtera akan tercapai,” ucap keluarga Bung Franc Benhard Tumanggor dengan terharu melihat atas antusiasnya dukungan dari semua warga kepadanya menuju Pakpak Bharat satu.

Acara diakhiri dengan diskusi, dialog oleh para tokoh dengan pihak keluarga FBT – MS.

Peris Berutu selaku ketua panitia dalam acara tersebut mengatakan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam mensukseskan acara ini, tentunya tak luput dari kerja sama semua pihak,” ujar ketua panitia seraya menghimbau kepada marga Berutu berru ibeberena agar sama-sama bergandengan tangan merapatkan barisan serta siap menghantarkan pasangan Balon Bupati Wakil Bupati Pakpak Bharat Bung Franc Benhard Tumanggor/Mutsyuhito Solin pada pilkada Desember mendatang.

Pantauan wartawan dalam acara tersebut berlangsung khidmad penuh dengan nuansa budaya suku Pakpak, dengan tetap mematuhi perotokoler kesehatan dalam pencegahan dan pemutusan mata rantai Covid-19 yang dipantau langsung oleh pihak relawan, simpatisan dan partisipan.

Reporter: Alferin Padang
Media Berantas Kriminal

176 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *