Wabup Padang Lawas Buka Musrembang RKPD Tahun 2022

Palas | mediaberantaskriminal.com – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) laksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, Kamis (25/03/2021) di aula hotel Syamsiah Sibuhuan.

Musrembang RKPD kabupaten Palas kali ini secara resmi dibuka oleh Wabup Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si dengan ditandai pemukulan Gong.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Ketahanan Pangan dan Perternakan Sumut M. Azhar Harahap.

Dalam sambutannya Wabup mengatakan, Penyusunan rencana RKPD tahun anggaran 2022 sebagai dasar penyusunan RAPBD Kabupaten Palas. Musrembang RKPD ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan sebagai mana diamanatkan dalam UU No 25 tahun 2004, tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

Musrembang RKPD kali ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan RPJMD kabupaten Palas dan dalam kegiatan kali ini mengambil tema : Pemulihan kesejahteraan masyarakat didukung dengan peningkatan kualitas hidup dan kapasitas sumber daya manusia.

“Dengan prioritas pengurangan angka pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja, demi peningkatan kualitas hidup dan kapasitas SDM yang mapan dalam mewujudkan ketahanan pangan dan energi demi pengurangan kesenjangan wilayah, maka disamping itu perlu peningkatan kualitas infrastruktur, pemantapan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta mendukung kebijakan nasional dan propinsi, diminta kepada seluruh perangkat daerah kabupaten Palas harus
fokus dalam penyusunan RKPD tahun 2022,” pungkas Wabup.

Dalam kesempatan yang sama Kadis Ketahanan Pangan dan Perternakan Propinsi Sumut M. Azhar Harahap mengatakan , Pemerintah Propinsi Sumut menargetkan sasaran makro pembangunan ditahu 2022.“

Mari kita integrasikan prioritas pembangunan dalam konteks kewilayahan melalui harmonisasi antara rencana pembangunan dengan tata ruang yang baik dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan hidup,” tutupnya.

Pada kesempatan lain, Plt Kepala Bappeda kabupaten Palas M. Khaidir Harahap dalam laporannya, Pemkab Palas tetap konsisten berusaha meningkatkan kesejahteraan warga, demi pencapaian indikator makro agar terus meningkat, atas kondisi tersebut, ada beberapa isu strategis dan permasalahan pembangunan yang dihadapi Pemkab Palas pada tahun 2022 yang akan menjadi tantangan dan harus diselesaikan,” kata Khaidir.

“Penyelenggaraan pendidikan yang bermutu juga harus ditingkatkan dan cakupan layanan infrastruktur dasar dan penyediaan perumahan layak huni bagi masyarakat serta pengendalian lingkungan hidup,” ucap Khaidir.

Dalam kesempatan sama, Camat Sosa Timur Darwin Simatupang berharap “Terlaksananya prioritas inspratruktur dalam akses peningkatan jalan Propinsi dari desa Aliaga kecamatan Huta raja tinggi menuju desa Muara tige kecamatan sosa timur ikut dibahas dalam musrembang tahun ini, jalan tersebut sangat diharapkan, agar masyarakat kecamatan sosa timur diwaktu musim hujan dapat mengangkut hasil buminya keluar daerah,” harapnya.

Reporter: Rasyid/Ihwan
Editor: Hermanto

15 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *