Wakil Bupati Aceh Tamiang H.T Insyafuddin, ST: Provinsi Aceh Salah Satu Penyumbang Stunting

MEDIABERANTASKRIMINAL.COM, ACEH TAMIANG | Sebagai upaya untuk menurunkan angka Stunting serta pencegahannya, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Kesehatan menyelenggarkan rapat koordinasi lintas program dan sektor, kegiatan berlangsung di aula Hotel Grand Arya Karang Baru pada Selasa (14/07/2020).

Wakil Bupati Aceh Tamiang H.T Insyafuddin, ST dalam membacakan sambutan Bupati H.Mursil,SH.MKn menyampaikan, sebagai Kepala Daerah sangat mengapresiasi dan
mendukung kegiatan ini, karena peningkatan kualitas kesehatan harus terus diperjuangkan. Rapat lintas sektor dan program terkait Stunting harus benar-benar dilakukan secara terintegrasi, dengan memperkuat sinergi agar masalah penurunan angka Stunting,” jelasnya.

“Indonesia adalah Negara kelima terbesar penyumbang Stunting Dunia dan Aceh merupakan salah satu Provinsi dengan angka yang sangat tinggi. Beberapa penderita gizi buruk di Bumi Muda Sedia, fakta ditemukan bahwa kesadaran masyarakat terkait pemberian asupan gizi yang baik untuk anak sudah ada, hanya saja belum memahami pentingnya nutrisi tersebut untuk pertumbuhan dan perkembangan anaknya.

Wabup menambahkan, pada kunjungan dilapangan dalam program pemberian susu kambing bagi penderita gizi buruk, di dapati ada beberapa penderita yang sudah sembuh, namun masih terdata.

Saya berharap data tersebut harus dirubah dan diupgrade, dan kita sebagai Orangtua harus memaksimalkan anak dari segala sisi,” ungkapnya.

Kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Ibnu Aziz, SKM melaporkan, kegiatan Rakor ini dibuat agar setiap lintas sektor dan program bersinergi menekan penurunan angka Stunting, karena ini merupakan masalah kesehatan di Indonesia dan Daerah kita,” ungkapnya.

“Data Stunting untuk Kabupaten Aceh Tamiang sampai dengan Juni 2020 adalah 1.546 Balita atau sekitar 7,1 persen dari 22.176.

Mari kita bekerja bersama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang pentingnya kesehatan dan gizi bagi keluarga,” ucap Ibnu Azis.

Acara tersebut diikuti oleh tiga puluh orang peserta, terdiri dari Bappeda, DPMKPPKB, Dinas Sosial, BPKD, Dinas Pangan, Dinas Pertanian dan lainnya, Organisasi Profesi, PKK Kabupaten dan beberapa Kepala UPTD Puskesmas.

Reporter: Zoel
Media Berantas Kriminal

23 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *