Wakil Walikota Buka Musrembang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Tahun 2022

Padangsidimpuan | mediaberantaskriminal.com – Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir.H.Arwin Siregar, MM membuka Musrenbang RKPD Kecamatan Tahun 2022 dengan Tema “Mewujudkan Kota Padangsidimpuan yang Sejahtera di Aula Kantor Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Selasa (16/02/2021).

Dengan diagendakannya Musrembang Kecamatan ini bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan di desa dan kelurahan yang ada di Padangsidimpuan Tenggara yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di Kecamatan, menyepakati dan mengelompokan kegiatan prioritas pembangunan desa dan kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan berdasarkan tugas pokok dan dan fungsi OPD di Kota Padangsidimpuan.

Musrenbang merupakan sarana dan forum multi pihak dalam menentukan prioritas kebijakan pembangunan daerah serta berfungsi sebagai bentuk komunikasi para pemangku kepentingan dalam mencapai kesepakatan bersama mengenai kegiatan pembangunan pada tahun 2022.

Dalam Kesempatan ini, Wakil Walikota menyampaikan bahwa Kota Padangsidimpuan menerapkan e-planning dalam proses perencanaan daerah melalui aplikasi SIPD yang dibuat oleh Kemendagri, dimana hal tersebut sesuai dengan Permendagri nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah dan Permendagri nomor 70 tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintahan daerah.

“Penggunaan aplikasi ini diharapkan akan menjamin transparansi dan akuntabilitas perencanaan daerah karena terpantau langsung oleh Kemendagri, KPK, BPK dan Pemerintah Provinsi Sumatera UtaraM,” ujar Wawako.

Wakil Walikota optimis bahwa Forum Musrembang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara tahun 2022 dapat memprioritaskan Anggaran untuk kepentingan Masyarakat

Sementara Sekretaris Daerah Kota Padangsidimpuan,H.Letnan Dalimunthe S.Km,M .Kes memberikan materi mengenai RPJMN menurut Arahan Presiden meliputi Pembangunan SDM, Pembangunan Infrastruktur, Penyederhanaan Regulasi, Penyederhanaan Birokrasi, dan Transformasi Ekonomi.

“Sementara untuk agenda pembangunan, diantaranya adalah Memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan; Mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan; Meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing, serta Revolusi mental dan pembangunan kebudayaan,” ujar Sekdako.

Dalam kesempatan ini juga Bapak Camat Padangsidimpuan Tenggara membacakan Musrembang RKPD tingkat Kecamatan Tahun 2021 untuk penyusunan RKPD Tahun 2022 merupakan pelaksanaan amanah dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.

Untuk peserta Musrenbang RKPD Kecamatan Tahun 2022 yaitu Lurah dan kepala desa se- Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, dan undangan Lainnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya wakil Walikota menyampaikan Musrembang kali ini kita mengalami Pandemi Covid-19 yang mempengaruhi keuangan Daerah dalam capaian sasaran program kedepan di sebabkan refocusing anggaran dan tetap mematuhi Protokol kesehatan,” ucap Wawako.

Maka dari itu dengan dilaksanakannya Musrenbang kecamatan, Ia berharap dapat menjawab isu strategis dan mewujudkan Kota Padangsidimpuan yang Sejahtera di 2022 tersebut serta dapat menerapkan dana desa untuk kebijakan di tahun 2022 untuk menuntaskan kemiskinan, pengangguran, peningkatan daya saing desa, serta termasuk pengalokasian sektor pertanian, sektor kesehatan, dll.

“Sebelumnya Desa telah melakukan Musrembang desa guna pemamfaatan dana desa, sehingga tidak tumpang tindih dengan APBD kota dengan memperhatikan hal-hal yang prioritas, Mari kita laksanakan pembangunan-pembangunan untuk mengarah kepada kebaikan. Maka dari itu saya mengimbau kepada Kepala Desa untuk menerapkan dana desa sesuai Musyawarah desa,” pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan Elliyati (PPP), Masnur Siregar, Ahmad Maulana (Golkar),lrpan (Demokrat), M.lkbal (PKS), Asisten II, staf Ahli, OPD, Lurah, Kepala desa se-kecamatan PSP Tenggara dan Undangan Lainnya.

Reporter: Parlaungan Hasibuan
Editor: Hermanto

51 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *