Realisasikan Dana Desa, Pemdes Sidorahayu Wujudkan Pembangunan dan Penanggulangan Covid-19

Waway Karya | mediaberantaskriminal.com – Program Dana Desa (DD) hingga kini tetap menjadi program unggulan pemerintah pusat maupun daerah dalam memprioritaskan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Dalam kurun waktu enam tahun terakhir, wilayah desa yang menjadi prioritas program mampu menunjukkan banyak keberhasilan pembangunan dan pemberdayaan.

Hal ini dapat terlihat di salah satu desa di kecamatan Waway Karya Kabupaten Lampung Timur, yakni desa Sidorahayu, desa Sidorahayu sendiri merupakan desa yang memiliki wilayah cukup luas, dan memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah terutama di sektor pertanian, serta peta wilayah yang strategis dengan berbatasan langsung dengan kabupaten Lampung Selatan.

Dalam pelaksanaan program Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020, Kepala Desa Sidorahayu Suyitno mengatakan, “pembangunan infrastruktur tetap kami wujudkan sesuai dengan anggaran yang ada, karena dimasa pandemi kita harus memprioritaskan penanggulangan Covid-19.

Walaupun pembangunan infrastruktur tidak semua terwujud sesuai dengan perencanaan tahun sebelumnya, namun setidaknya sebagian besar sudah kita wujudkan. Seperti peningkatan/pengerasan jalan lapisan penetrasi (lapen), drainase, lapangan futsal, gorong-gorong, dan pembangunan jambanisasi untuk rumah tangga miskin serta pengadaan satu unit ambulance desa.

Untuk pemberdayaan kami tetap konsisten dalam membelanjakan anggaran, pemberian dana insentif untuk guru ngaji, guru PAUD dan lain-lain dapat dibayarkan dengan baik”, ucap Suyitno.

Lebih lanjut Kepala Desa Sidorahayu memaparkan, “khusus di tahun 2020 memang banyak terjadi perubahan APBDes, sehingga perencanaan pembangunan yang sudah direncanakan dari tahun 2019 lalu harus berubah. Namun kami sebagai Kepala Desa memahami betul apa yang menjadi keinginan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam melakukan penanggulangan penyebaran virus Covid-19. Baik dalam mengantisipasi penyebaran maupun pemberian bantuan kepada masyarakat yang
membutuhkan atas dampak dari pandemi ini.

Dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 pemerintah desa Sidorahayu telah melakukan banyak upaya diantaranya, pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT), pembagian masker, penyemprotan disinfektan, pendirian posko penanggulangan Covid-19, rumah isolasi dan lain sebagainya sesuai dengan petunjuk dan aturan, maupun himbauan pemerintah pusat melalui Kemendes dan gugus tugas Covid-19. Kami berharap, agar masa pandemi ini dapat segera berakhir agar kita semua dapat bebas beraktivitas kembali seperti sedia kala, dan kami pemerintah desa dapat melaksanakan kegiatan pembangunan melalui program DD dapat dilakukan dengan baik dan maksimal”, papar Suyitno.

Reporter: Rj Niti
Editor: Hermanto

85 views


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *